Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

11 Pasangan Suami Istri Bersaing Jadi Petinggi di Pilpet Jepara

0 23.224

MURIANEWS.com, Jepara – Pemilihan Petinggi Desa (Pilpetdes) serentak di Kabupaten Jepara, digelar Kamis (17/10/2019) hari ini. Sebanyak 387 orang calon petinggi berebut suara 600.961 warga di 136 desa.

Satu hal yang menarik dalam perhelatan Pilpet serentak di Jepara hari ini adalah, dari 387 calon petinggi desa yang bersaing, ternyata ada yang merupakan pasangan suami istri. Mereka para calon petinggi desa yang berstatus suami istri ini, akan bertarung di 11 desa.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Jepara Siswanto menuturkan dari catatan administrasi tidak disebutkan adanya informasi mengenai status pasutri. Namun dari koordinasi yang dilakukan di kecamatan masing-masing, data-data ini akhirnya muncul.

“Ada setidaknya 11 pasangan suami istri yang pada Pilpet hari ini maju. Data ini kami peroleh dari hasil koordinasi dengan masing-masing kecamatan. Meski bukan data resmi, tapi bisa dipertanggung jawabkan,” ujar Siswanto, Kamis (17/10/2019).

Para pasutri tersebut, ‘bertarung’ di Desa Sidigede Kecamatan Welahan, Desa Banyuputih (Kalinyamatan), Desa Sowan Lor dan Wanusobo (Kedung), Desa Pecangaan Wetan (Pecangaan), dan Desa Raguklampitan (Batealit).

Selanjutnya di Desa Mayong Kidul dan Sumberrejo Kecamatan Mayong, Desa Ujungwatu dan Bandungharjo (Donorojo), dan Desa Mambak (Pakis Aji). Mereka maju menjadi dua kandidat Pilpet di desa masing-masing.

Kemudian, dijelaskan juga oleh Siswanto, dari 387 calon yang bersaing, sebanyak 100 orang di antaranya merupakan petahana. Mereka kembali maju dalam pencalonan untuk mencoba memperpanjang masa tugas mereka sebagai petinggi desa.

Sementara itu, dari pantauan MURIANEWS.com di lapangan, proses pemungutan suara Pilpet di desa Kuwasen, Jepara sudah dimulai sejak jam 07.00 WIB. Sebelumnya para petugas KPPS di masing-masing TPS sudah bersiap di lokasi mulai pukul 06.00 WIB.

Tepat 07.00 WIB, Ketua KPPS menyampaikan kepada masyarakat, bahwa Rapat Terbuka Pemungutan Suara Pilpet dimulai. Selanjutnya warga yang sudah hadir dipersilahkan memberikan hak suaranya.

“Pencoblosan akan ditutup pada 13.00 WIB. Namun, panitia akan melayani warga yang sudah berada di dalam TPS hingga selesai. Setelah itu akan dilanjutkan penghitungan suara di masing-masing TPS. Untuk Kuwasen ada 3 TPS yang dibuka,” ujar Joko Dwi Murwono, Wakil Ketua Panitia Pemilihan Petinggi Desa Kuwasen, Kamis (17/10/2019).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.