Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DPRD Pastikan UHC di Kudus Jadi Skala Prioritas

MURIANEWS.com, Kudus – DPRD Kabupaten Kudus memberikan dukungan untuk mencapai target Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan menyeluruh bagi penduduk sebanyak 95 persen di Kota Kretek. DPRD pun menegaskan UHC akan menjadi skala prioritas.

Ketua Komisi D DPRD Kudus Mukhasiron mengatakan, untuk UCH menjadi skala prioritas. Apalagi, karena pada tahun 2019 ini harus sudah selesai. Sehingga menjadi skala prioritas.

“Selama Pemkab Kudus memiliki anggaran yang cukup tentunya pencapaian UHC itu menjadi skala prioritas,” katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa permasalahan untuk mencapai UCH tersebut. Permasalahan data penduduk yang menjadi peserta jaminan kesehatn Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) penerima bantuan iuran (PBI) masih perlu dibenahi.

“Hal ini terutama jumlah yang ada sekarang apakah benar-benar ada orangnya. Atau mungkin sudah meninggal dunia, pindah alamat, atau miliki KTP ganda. Ini perlu ada pembenahan,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta data pendudukan tersebut harus segera untuk dilakukan validasi. Apalagi, kebutuhan kesehatan merupakan kebutuhan mendasar yang wajib dipenuhi. Selain termasuk bidang pendidikan dan bidang infrastruktur.

”Upaya mencapai target UCH ini memang sangat didorong agar tercapai,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Joko Dwi Putranto menjelaskan, awalnya Kudus sudah mencapai UCH dengan capaian 95 persen. Jumlah itu dari penduduk di Kudus yang terdaftar peserta JKN-KIS. Hanya, saja adanya 11.044 peserta JKN-KIS yang dinonaktifkan kepesertaannya, akhirnya belum mencapai 95 persen.

“Ya sebanyak 11.044 itu dinonatifkan dari basis data terpadu (BDT) akhirnya belum mencapai 95 persen. Untuk jumlah peserta JKN-KIS saat ini ada sebanyak 186.754 peserta,” terangnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...