Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Dinsos Pati Bakal Verifikasi Data Penerima Jaminan Kesehatan Gratis

MURIANEWS.com, Pati- Bagi warga Kabupaten Pati yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Penerima Bantuan Pemerintah (PBI), harus siap-siap. Pasalnya, Dinas Sosial (Dinsos) akan melakukan validasi data terkait kelayakan masyarakat untuk menerima jaminan kesehatan secara gratis tersebut.

Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinsos Pati Sukarno mengatakan, verifikasi dan validasi data fakir miskin dan orang tidak mampu yang terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) itu, memang perlu dilakukan agar tidak terjadi simpang siur data.

Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011, dan Perpres Nomor 82 Tahun 2018, serta Kemensos Nomor 5 Tahun 2016.

“Nantinya fakir miskin bila tidak memenuhi syarat, seperti sudah meninggal atau pun ada nama ganda kan dicabut,” katanya, Rabu (16/10/2019).

Begitu juga bagi peserta yang sudah terdaftar sebagai pemerima jaminan kesehatan lain, seperti perusahaan, maka wajib dikeluarkan.

“Kami  juga akan konsen terhadap peserta yang dapat diusulkan penggantinya oleh desa terkait. Tentu dengan jumlahnya yang sama,” ujarnya.

Terkait segmentasi, pihaknya akan terfokus pada PBI yang dibiayai oleh APBD. Sementara jika ada peserta yang terdata sebagai penerima jaminan dari pemerintah pusat atau provinsi, maka akan dicari penggantinya.

“Verifikasi ini dilakukan pertama kali. Nantinya setiap tahun ada lagi. Ketimpangan di lapangan, yaitu peserta yang meninggal dan tidak ada laporan ke kami. Karena itulah pentingnya kami terjun lapangan” terangnya.

Ia menjelaskan, bayi yang baru lahir dari orang tua peserta BPJS PBI, maka secara otomatis akan tercover.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...