Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disnaker Kudus Siapkan Dua Lokasi Magang untuk 500 Wirausahawan Baru

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus menyiapkan dua lokasi untuk magang bagi 500 wirausaha baru. Dua lokasi yang dipilih dipilih adalah Yogjakarta dan di Sidoarjo Jawa Timur.

“Yang di Yogya itu untuk magang wirausaha jenis makan dan minuman. Sedangkan di Sidoarjo itu untuk magang usaha industri logam,” kata Bambang Tri Wahyu, Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus.

Ia mengatakan, program magang itu nantinya akan dilaksanakan selama dua pekan. Selama dua pekan tersebut, peserta magang wirausaha baru akan mendapatkan pelatihan praktek secara langsung. Sehingga tidak hanya teorinya saja.

“Ini sudah kita mulai. Dan berkelanjutan pada tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, terkait dengan wirausaha baru akan dievaluasi kembali. Harapannya wirausaha baru itu betul-betul mendapatkan pelatihan secara langsung. Bukan hanya teorinya saja.

“Itu harus ada kerja nyata di luar. Seperti itu. Sehingga benar-benar merasakan dan praktik langsung,” jelasnya.

Tak hanya itu, Hartopo juga meminta kepada pihak Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus tidak memberikan uang tunai. Melainkan berupa barang. Salah satunya berupa alat untuk wirausaha baru.

“Jadi tidak uang lagi yang diberikan. Tapi berupa barang yang ditentukan sesuai dengan bidang usaha masing-masing. Seandainya perlu modal ya sedikit. Misalnya usaha mie ayam. Grobaknya sudah dikasih. Kemudian kalau butuh modal paling Rp 1 juta sudah cukup,” ungkapnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...