Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Personel Pengamanan Pilpet di Jepara Dijamin Lebih Humanis

MURIANEWS.com, Jepara – Pasukan pengamanan Pemilihan Petinggi Desa (Pilpetdes) serentak di Kabupaten Jepara, disiapkan di Lapangan Mapolres Jepara, Rabu (16/10/2019). Mereka menjalani apel gelar pasukan, untuk mendapatkan pengarahan langsung dari Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman.

Pengamanan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan menjadi titik sentral pengamanan yang dilakukan dalam pengamanan Pilpet di Kabupaten Jepara. Kapolres menyatakan, langkah pengamananan sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan  rencana.

Ploting penempatan personel pengamanan juga sudah disiapkan untuk pemungutan suara hari Kamis (17/10/2019). Selain di masing-masing TPS, Polres Jepara juga memperkuat kemampuan di masing-masing wilayah.

“Kami kira sudah siap untuk tugas pengamanan ini. Meski begitu, kami tetap mengharap dukungan dan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat. Kami berharap masyarakat juga bisa bersama-sama menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Dalam setiap persoalan-persoalan yang mungkin terjadi, AKBP Arif Budiman meminta agar semua bisa diselesaikan dengan cara-cara yang elegan dan bermartabat.

”Jangan sampai sikap emosional yang bisa memicu anarkisme dikedepankan,” katanya.

Kepada para personel pengamanan pihaknya juga menekankan pentingnya mengendepankan sikap humanis. Sikap ini harus dibawakan setiap personel dalam menjalankan tugasnya. Sehingga bisa benar-benar memberikan teladan yang baik bagi masyarakat.

“Kedepankan pengamanan yang humanis. Masyarakat harus diajak untuk bisa bersikap bijaksana dan elegan, jauh dari sikap emosional apalagi anarkis. Bertindak tegas harus, tapi tetap dengan dilandasi sikap humanis,” terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta semua aparat keamanan bisa menjaga netralitasnya selama menjalankan tugas.

Aparat keamanan juga harus berpedoman pada prosedur yang telah ditetapkan selama pengamanan termasuk melaporkan pada kesempatan pertama jika mendapati kejadian yang menonjol.

Apel gelar pasukan ini tidak hanya diikuti oleh personel dari Polres Jepara, melainkan juga sejumlah tambahan personil dari beberapa Polres sekitar seperti dari Polres Kudus, Demak, Pati, Grobogan, Blora serta tambahan dari Dalmas dan Brimob Polda Jawa Tengah. Pengamanan juga melibatkan personel TNI, Satpol PP dan Satuan Linmas.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...