Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Pilkades Senilai Rp 9,2 Miliar Turun, Panitia Diminta Segera Ajukan Pencairan

0 175

MURIANEWS.com, Kudus – Bantuan dana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dari APBD Kudus senilai Rp 9,2 miliar dipastikan sudah turun. Dana tersebut, rencananya akan diberikan kepada panitia Pilkades guna meringankan beban penyelenggaraan Pilkades. Untuk itu, panitia pilkades diharapkan segera mencairkan bantuan.

Kasi Pemerintahan Desa Dian Tamziz mengatakan, dana senilai Rp 9,28 miliar tersebut, nantinya akan digunakan untuk pengadaan barang kebutuhan Pilkades 2019 bagi 1.504.898.217 pemilik suara di Kudus.

“Termasuk juga untuk pengadaan sarana dan prasarana Pilkades,” katanya, Rabu (16/10/2019).

Karena itu, bantuan akan diberikan secara proporsional ke masing-masing desa, dengan besaran yang bervariasi. Yakni antara Rp 5 juta hingga Rp 187 juta. Tergantung dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap desa.

“Per DPTnya Rp 15 ribu, nantinya akan digunakan untuk pengadaan surat suara, bilik suara,” lanjutnya.

Dian menyebut, hingga kini sudah ada lima desa yang mengajukan pencairan bantuan Pilkades. Sedangkan desa lainnya masih dalam proses. Mengingat proses untuk pencairan terbilang cukup rumit.

“Ada yang proses pemberkasannya belum selesai,” ucapnya.

Dian merincikan, pemohonan diawali dengan penetapan Rencana Anggaran dan Belanja (RAB) desa secara umum serta RAB bantuan keuangan dari APBD untuk kegiatan Pilkades yang ditujukan kepada Bupati Kudus.

“RAB kemudian diverifikasi oleh camat. Yang selanjutnya dijadikan bahan permohonan pencairan bantuan,” lanjutnya.

Terkait batas maksimal pencairan,  pihaknya tidak memberikan batas kepada Panlih. Hanya, pihaknya mengimbau agar panlih bisa segera mencaikan bantuan yang bersumber dari APBD 2019 tersebut.

“Jadi sesegera mungkin saja,” lanjutnya.

Sementara Kepala  Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Eko Djumartono mengatakan pencairan bantuan Pilkades harus segera dilakukan. Mengingat waktu pelaksanaan Pilkades tinggal menghitung pekan saja.

“Pelaksanaan 19 November mendatang, paling tidal awal November mereka sudah siap dan mencairkan,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.