Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polres Kudus Larang Massa Pendukung Calon Kades Konvoi saat Kampanye

0 249

MURIANEWS.com, Kudus – Kapolres Kudus AKBP Saptono mengimbau pada semua simpatisan ataupun pendukung calon kepala desa untuk tidak melakukan konvoi saat memasuki masa kampanye pilkades serentak nanti. Hal itu dilakukan untuk menghindari bentrokan andaikan dua simpatisan dari kubu yang berbeda bertemu di jalan.

“Kami harap kampanyenya jangan ada konvoi,” katanya, Selasa (15/10/2019) siang.

Meski begitu, ia memperbolehkan para calon kades melakukan kampanye yang terpusat dalam satu tempat. Hanya saja, hal itu dilakukan atas persetujuan ataupun sesuai jadwal yang diberikan panitia pilkades.

“Kampanye boleh saja, tapi terpusat. Misal di lapangan atau tempat-tempat tertentu atas sepertujuan panitia pilkades,” lanjutnya.

Selain itu, para simpatisan pun diharapkan untuk tidak menyebar berita hoaks ataupun kampanye hitam yang merugikan salah satu calon. Hal itu untuk menciptakan pemilihan yang aman dan kondusif.

“Jangan profokatif, jangan ada berita hoaks, apalagi kampanye hitam. Semua itu, demi kondusifitas di lapangan,” terangnya.

Selain itu, pihaknya pun akan melakukan monitoring pada pelaksanaan tes pada para bakal calon kepala desa di beberapa Desa  di Kota Kretek. Dengan tujuan, mengantisipasi terjadinya ketidakpuasan dari salah satu bahkan dua bakal calon yang akan mengikuti tes.

“Sehingga nanti diharapkan tidak ada perselisihan,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono Murwanto menyebut, di Kudus sendiri bakal ada lima desa yang menerapkan sistem terskarena bakal calon kades lebih dari lima orang.

Di antaranya, Desa Tergo Kecamatan Dawe, Desa Loram Wetan Kecamatan Jati, Desa Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu, Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, dan Desa Gribig Kecamatan Kota.

“Jika nanti masih ada lebih dari lima calon, maka akan dilakukan ujian tes. Tahapan seleksi adminitrasi sendri akan digelar sampai dengan tanggal 21 mendatang,”  ucapnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.