Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus Siapkan Akademisi untuk Seleksi Calon Kades Lebih dari Lima Orang

0 129

MURIANEWS.com, Kudus – Pemkab Kudus mulai menyiapkan pihak ketiga dari kalangan akademisi untuk menggelar ujian seleksi calon kepala desa yang lebih dari lima orang dalam Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak di Kudus. Hal itu sesuai dengan aturan dari pemerintah.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, untuk calon kepala desa nantinya maksimal ada lima calon kepala desa. Apabila, ada lebih dari lima calon kepala di satu desa maka dilakukan tes ujian.

“Lebih dari lima nanti ada akademisi untuk menyeleksi. Maksimal hanya lima calon kepala desa,” katanya, Selasa (15/10/2019).

Ia menjelaskan, sejauh ini pemkab terus melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pilkades di Kudus. Menurutnya kondisi tahapan pilkades hingga kini masih aman dan kondusif.

“Kita tetap melakukan monitoring pilkades tersebut. Hingga kini masih kondusif,” katanya.

Hartopo pun berharap, kondisi pilkades di Kudus tahun 2019 ini berlangsung kondusif. Tidak ada gejolak-gejolak yang tidak diinginkan terjadi.

“Harapannya adem, kondusif, boleh panas tapi hati tetap dingin,” tegasnya.

Ia menambahkan, hingga kini tahapan pilakdes masuk pada tahapan seleksi adminitrasi. Tahapan ini akan digelar sampai dengan tanggal 21 Oktober 2019 mendatang. Setelah itu, bakal calon kades yang ditetapkan menjadi calon kades oleh pihak panitia.

Apabila setelah ditetapkan bakal calon menjadi calon kades, masih ada lebih lima calon kades, maka akan dilaksanakan ujian tes. Ujian akan digelar selama sehari. Yakni pada tanggal 30 Oktober 2019 mendatang.

Baru, lanjutnya, awal November 2019 penetapan bakal calon kades menjadi calon kades oleh BPD. Untuk jadwal pemungutan suaranya dilaksanakan tanggal 19 November 2019, sedangkan pelantikan diagendakan tanggal 17 Desember 2019.

Di Kudus tahun 2019 ini melaksanakan pilkades serentak. Ada sebanyak 116 desa yang menggelar pilkades. Jumlah desa itu tersebar di sembilan kecamatan.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.