Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Air Kedungombo Dialirkan 1 November, MT I di Kudus Mundur

0 308

MURIANEWS.com, Kudus – Awal dimulainya Musim Tanam (MT) I tahun 2019/2020 yang sebelumnya ditargetkan dimulai pada 15 Oktober besok, mundur ke 1 November 2019 mendatang. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi Waduk Kedungombo.

“Mundur pada satu November mendatang, penggelontoran airnya juga akan dimulai saat itu,” ucap Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno, Selasa (15/10/2019).

Ia menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah menggelar pertemuan untuk membahas cara menyiasati penggunaan air pada 9 Oktober lalu. Dalam pertemuan tersebut sudah tercapai kesepakatan bersama untuk memanfaatkan air yang tersisa.

“Rapat koordinasi telah dilakukan dan dihadiri sejumlah pihak yang bersangkutan. Baik dari pihak petani maupun petinggi daerah,” jelasnya.

Dalam kesepakatannya, para petani telah sepakat dan tidak mempermasalahkan mundurnya MT I yang semula terjadwal 15 Oktober menjadi 1 November mendatang. “Semua telah sepakat dalam hal ini,” katanya.

Petani pun diharapkan bisa memanfaatkan sisa ketersediaan air yang ada secara bijak. Dengan harapan, tidak ada masalah dalam pelaksanaannya nanti. Pengawalan penggunaan air di tiap wilayah kerja juga diharapkan bisa dilakukan.

“Jadi tidak ada masalah nanti dalam pelaksanaannya,” lanjut Ruhban.

Sedang yang terakhir adalah siap untuk bertanggungjawab bersama terkait keadaan yang ada. Pihak-pihak terkait pun diharapkan untuk tidak melakukan tuntutan karena telah saling mengetahui kondisi di lapangan.

“Semua telah mengetahui kondisi di lapangan, kami harap bisa memaklumi semua,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.