Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan River Tourism Kali Gelis Bakal Dapat Tambahan Dana Rp 100 Miliar

MURIANEWS.com, Kudus – Normalisasi Kali Gelis Kudus terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus. Rencananya pembangunan sungai itu bakal mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 100 miliar dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana pada tahun 2020.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pembangunan river tourism Kali Gelis dipastikan tak akan berhenti di tengah jalan. Apalagi, pembangunan it kembali mendapatkan kucuran sebesar Rp 100 miliar pada tahun depan.

“Untuk kali gelis kelanjutannya tetap ada. Kemarin itu kan mereka menjelaskan bakal ada dana kucuran dari Balai (BBWS) sebesar Rp 100 miliar,” ujarnya, Selasa (15/10/2019).

Ia mengatakan, dengan adanya penambahan Rp 100 miliar pada tahun depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak swasta. Syukur-syukur, dari perusahaan swasta di Kudus juga memberikan bantuan untuk pembangunan river tourism Kali Gelis.

“Nanti kita akan ada rapat dengan pihak swasta. Yakni dengan Djarum. Membahas untuk program wisata sungai kali gelis,” katanya.

Dengan begitu, diharapkan Kali Gelis bisa menjadi destinasi wisata baru yang ada di Kota Kretek. Termasuk munculnya wisata baru seperti rafting di Kali Gelis.

“Sehingga Kudus jadi tambah ramai,” tegasnya.

Seperti diketahui, pembangunan awal river tourism Kali Gelis mulai memasuki tahap awal, yakni masa normalisasi sungai. Normalisasi dilakukan mengingat beberapa titik sudah dianggap terlalu dangkal sempit. Pengerukan dengan alat berat pun dilakukan. Normalisasi itu dianggarkan dari anggaran awal sebesar Rp 10 miliar.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...