Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kembangkan Program Pengembangan Anak, PAUD Inklusi Al Idrus Gandeng Fakultas Psikologi UMK

0 57

MURIANEWS.com, Kudus – Setelah diresmikan pada Minggu, (1/9/2019) bulan lalu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inklusi Al-Idrus, Kauman Besito, Kecamatan Gebog, Kudus kini fokus untuk mengembangkan program pengembangan anak dan deteksi dini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Kerjasama dengan berbagai pihak penunjang program pun mulai digalakkan. Salah satunya dengan Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK) pada Senin (14/10/2019) siang.

“Pihak UMK akan melakukan pendampingan anak,” kata Ketua Penyelenggara PAUD Inklusi Al-Idrus, Pamuji Sanyoto.

Selain pendampingan, pihak UMK akan melakukan identifikasi kebutuhan anak dan treatmen untuk anak berkebutuhan sesuai level kebutuhannya. Serta kegiatan tes deteksi lain terkait perkembangan anak usia dini.

“Jadi bisa saling menguntungkan kedua pihak,” ucapnya.

Sementara Sekretaris PAUD Inklusi Al-Idrus, Ismail Musthofa menambahkan, pendampingan dari psikolog sangat penting dilakukan pada anak usia dini. Terutama dalam menyiapkan mental anak-untuk masuki pendidikan dasar.

“Pendampingan sangat penting untuk menentukan pola asuh anak yang memiliki karakteristik berbeda,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Fakultas Psikologi UMK Ridwan Budi Pramono mengatakan, Tujuan kerjasama adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Pada dasarnya kerjasama ini saling menguntungkan, dari UMK sendiri bisa melaksanakan salah satu kegiatan Tridharma perguruan tinggi yakni Pengabdian Masyarakat,” ujarnya

Untuk langkah selanjutnya, pihaknya akan menyediakan SDM (sumber daya manusia) berupa narasumber untuk keperluan identifikasi perkembangan anak. Serta pengembangan metode, proses pembelajaran dan tes psikologi.

“Dan juga akan ada mahasiswa dalam bentuk program magang disana. Sehingga bisa mengimplementasikan ilmu yang dipelajari,” tandasnya.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.