Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Amankan Pilpet Serentak, Polres Jepara Kerahkan Seribuan Personel

MURIANEWS.com, Jepara – Gelaran Pemilihan Petinggi (Pilpet) serentak di 136 desa di Kabupaten Jepara, menjadi perhatian besar bagi Polres Jepara. Instansi keamanan ini pun menyiapkan seribu personel untuk menjaga keamanan gelaran pilpet serentak.

Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman menegaskan, dalam proses Pilpet yang sudah mulai memasuki masa-masa rawan, pihaknya tidak akan main-main. Apalagi saat ini, proses Pilpet sudah memasuki masa kampanye terbuka.

“Kami tentu tidak mau underestimate terkait kegiatan ini. Memang bukan Pemilu. Tapi Pilpet di tingkat desa seperti ini kadang-kadang justru lebih harus diperhatikan. Kami serius dalam setiap tahapan yang sudah dilakukan,” ujar AKBP Arif Budiman, Senin (14/10/2019).

Khusus untuk pengamanan hari H pencoblosan yang akan dilaksanakan pada Kamis (17/10/2019), pihaknya akan mengerahkan 1.000 personel. Jumlah ini di luar jumlah anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) dan Satpol PP.

Rencananya akan ada 382 personel anggota Polres yang ditugaskan untuk pengamanan proses pemungutan Pilpet ini. Di luar itu pihaknya juga akan mendatangkan pasukan BKO (Bawah Kendali Operasi) dari PHH (Pasukan anti Huru Hara) Brimob Polda Jawa Tengah sebanyak  1 SSK (Satuan Setingkat Kompi).

Lalu juga akan didatangkan pasukan BKO dari Dalmas (Pengendalian Masyarakat) Polda Jawa Tengah sebanyak 1 SSK. Ditambah lagi akan didatangkan bantuan pasukan Dalmas dari Polres Pati, Kudus, Demak, Blora dan Grobogan. Masing-masing akan didatangkan sebanyak 1 SST (satuan setingkat peleton)  ke Jepara untuk dilibatkan dalam pengamanan Pilpet.

“Kami juga akan dibantu dari TNI khususnya Kodim 0719/Jepara. Sedangkan dari Linmas, yang jumlahnya ribuan juga akan kami libatkan juga. Semua sudah kami siapkan rencana pengamanannya,” ujarnya.

Dalam rencana pengamanan yang akan dilakansakan, Polres Jepara akan melakukan penambahan personel di masing-masing polsek dengan 15 anggota. Kemudian untuk masing-masing Rayon yang terdiri dari lima Polsek, akan ditambah 1 SST pasukan.

Polres Jepara sendiri akan membagi wilayahnya menjadi tiga rayon. Penempatan personel di polsek dan rayon, tidak termasuk personel-personel yang akan dikerahkan di masing-masing TPS.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...