Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Minta Hujan, Plt Bupati Kudus Bersama Warga Undaan Gelar Salat Istisqa

0 88

MURIANEWS.com, Kudus – Warga di Kecamatan Undaan, Jumat (11/10/2019) melakukan solat istisqa berjemaah di lapangan Undaan Kidul. Mulai dari pelajar hingga para pejabat terlihat khusyuk mengikuti jalannya salat dua rakaat tersebut.

Tak terkecuali Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Dandim 0722 Kudus Letkol Arm Irwansyah, serta Sekda Kudus Sam’ani Intaqoris pun berada dalam barisan paling depan. Begitu juga, Camat Undaan Rifa’i Nawawi.

Usai melaksanakan salat, khotib pun menyampaikan beberapa khutbahnya. Tak lupa doa-doa serta gerakan khas salat istisqa dilakukan di lapangan kering kerontang tersebut. Walau panas, semua jemaah khusyuk berdoa demi berakhirnya musim kemarau pada tahun ini.

“Kita mengetahui jika ini adalah kemarau panjang,” kata Hartopo ketika ditemui awak media usai menjalankan salat.

Dampak yang dirasakan pun cukup banyak. Mulai dari kekeringan yang mengakibatkan kurangnya air bersih. Karena sungai, sumur dan air tanah menurun kualitas dan kuantitasnya. Hingga maraknya kebakaran di beberapa titik di Kabupaten Kudus.

“Dari lahan sampai gudang, kebakaran di musim kemarau ini cukup banyak terjadi,” katanya.

Pihak pemerintah daerah juga terus berupaya untuk menyukup kebutuhan air bersih di desa-desa yang terdampak kekeringan paling parah. Dengan cara dropping air serta berbagai upaya lainnya.

“Selain untuk memperingati HUT TNI ke-74, salat istisqa ini benar-benar diharapkan bisa menjadi solusi berakhirnya musim kemarau yang berkepanjangan, hujan yang turun pun semoga membawa berkah, amin,” terang Hartopo.

Senada, Dandim 0722 Kudus Letkol Arm Irwansyah mengharapkan doa dari para jamaan yang hadir pada siang hari ini bisa dijabah oleh Allah SWT. Ia pun berharap semoga hujan bisa segera turun. Sehingga kebutuhan air bisa segera teratasi.

“Setidaknya untuk kebutuhan dasar dulu, karena kita tahu kebutuhan dasar saja susah untuk saat ini,” kata Irwansyah

Acara salat istisqa sendiri merupakan inisiatif pihaknya untuk mengumpulkan masyarakat dan menggelar salat secara bersama-sama. Selain  dalam rangka HUT ke-74 TNI, Kegiatan salat juga dilakukan untuk meminta hujan pada Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga doa para jemaah bisa dijabah oleh Allah SWT,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.