Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kepengurusan ICSB Jepara Terbentuk, Segera Rumuskan Program Kerja

MURIANEWS.com, Jepara – Kepengurusan International Council for Small Business (ICSB) di Kabupaten Jepara sudah terbentuk. Lembaga internasional yang membidangi masalah UMKM ini diharapkan bisa memberikan perannya.

Ketua ICSB Jepara Andang Wahyu Triyanto menyatakan, setelah secara resmi dilantik, pihaknya akan segera melakukan pertemuan. Pihaknya akan segera mengundang kelompok-kelompok UMKM untuk bertemu dan berembug.

Dari sana ICSB Jepara akan merumuskan program kerja. Nantinya pihaknya juga akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak terkait. Dalam hal ini adalah Diskop UMKM di tingkat kabupaten dan provinsi.

“Program kerja yang kami susun nantinya memang harus diselaraskan dengan program dinas terkait di Pemkab Jepara dan Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan ICSB memang tidak bisa dilepaskan dari institusi tersebut,” ujar Andang Wahyu Triyanto, Jumat (11/10/2019).

Lembaga ICSB di berdiri di Indonesia sudah sejak 2015 lalu. Namun kepengurusan di tingkat Kabupaten Jepara baru tahun ini bisa dibentuk. Karena posisinya yang strategis Andang berharap, ICSB Jepara benar-benar bisa bermanfaat bagi UMKM yang ada di Jepara.

Ada banyak kelompok UMKM di Jepara yang akan diajak untuk berkumpul dalam wadah ini. Mereka akan diajak untuk bersama-sama meningkatkan diri. Program-program di ICSB diharapkan bisa memberi manfaat.

“ICSB juga diharapkan bisa berkoordinasi dan berkomunikasi dengan lembaga pemerintah yang mengurusi UMKM. Sehingga program-program yang dibuat bisa benar-benar mendekati UMKM dan berdampak jelas,” tambah Andang Wahyu.

ICSB adalah organisasi nirlaba yang bermarkas di Washington DC dengan anggota lebih dari lima ribu orang dari 80 negara di dunia. dan memiliki afiliasi regional di 16 negara, termasuk Indonesia. ICSB berfungsi sebagai organisasi payung yang mengintegrasikan kegiatan beragam organisasi dan profesional yang berhubungan langsung dengan bisnis kecil.

Organisasi ini juga menciptakan dan mendistribusikan informasi baru tentang manajemen bisnis kecil dan pengembangan kewirausahaan. Pendistribusian informasi ini dilakukan  melalui pengetahuan global yang diambil dari pemerintah, pendidikan, dan perdagangan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...