Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Potong Peran Tengkulak, Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Gelar Pasar Tani

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus menggelar pasar tani di depan Kantor Dinas Pertanian, Jumat (11/10/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan secara langsung antara petani dengan pembeli tanpa melalui perantara ataupun tengkulak.

Dari pantauan di lapangan, ada belasan lapak yang digelar para pedagang. Di antaranya seperti beras, ayam kalkun, padi, hingga buah-buahan dan sayur mayur. Harga yang ditawarkan juga lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran.

Untuk harga beras dijual dengan harga Rp 8 ribu hingga Rp 9 ribu per kilogram. Kemudian gula pasir dijual dengan harga Rp 11 ribu per kilogram dan telur dijual dengan harga Rp 19 ribu per kilogram.

“Rata-rata selisih Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu pada masing-masing komoditas hasil tani,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto, Jumat (11/10/2019).

Ia menjelaskan, harga yang lebih murah ini, lantaran konsumen membeli langsung dari petani tanpa adanya perantara. Akibatnya, harga berada di bawah harga pasar. “Kami mencoba untuk memberi yang terbaik kepada masyarakat,” tegasnya.

Di sisi lain, pasar tani kali ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya ia sudah pernah menggelar pasar serupa dan sudah keenam kalinya selama tahun 2019. Melihat animo masyarakat yang tinggi, ia berencananya akan menggelar enam kali pasar selama satu tahun.

“Tapi, untuk tahun ini kita gelar lebih banyak. Rencana masih ada satu kali lagi yakni pada Desember 2019 mendatang bertepatan dengan hari natal dan tahun baru,” ungkapnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.