Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tentara Bantu Bikin Jamban Sehat Warga Tanjung Jepara

0 39

MURIANEWS.com, Jepara – Program TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) di Jepara dipusatkan di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Jepara. Berbagai program pembangunan dilakukan oleh para tentara dan masyarakat setempat.

Salah satu program yang cukup menarik adalah program pembangunan jamban sehat untuk masyarakat di Desa Tanjung, yang cukup terpencil tersebut. Jamban sehat merupakan salah satu problem bagi masyarakat pedesaan. Sehingga dari sisi kesehatan membuat hal ini menjadi salah satu masalah sosial.

Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Suharyanto menyatakan, dari permasalahan yang saat ini masih ada di Desa Tanjung, akhirnya pihaknya mencoba untuk bisa membantu. Masalah jamban memang masalah sepele, namun juga bisa menimbulkan persoalan besar.

Dari informasi yang didapatkan, masyarakat Desa Tanjung sebagian masih belum memiliki jamban sehat. Mereka ada yang memanfaatkan Kali Bening di Desa Tanjung untuk urusan buang hajat.

“Karena itu dalam TMMD di Desa Tanjung, kami juga memprogramkan pembangunan jamban sehat bagi masyarakat. Harapannya supaya budaya lama yang kurang baik bisa dihilangkan,”ujar Letkol Arm Suharyanto, Kamis (10/10/2019).

Dalam program TMMD di Desa Tanjung, akan dibangun 15 jamban sehat. Kemudian juga akan ada rehab rumah untuk rumah tidak layak huni. Lainnya, TMMD di Desa Tanjung juga akan memmbangun jalan dengan sistem beton.

Peningkatan kualitas jalan desa ini diharapkan bisa membantu akses transportasi bagi masyarakat Desa Tanjung. Dengan begitu kehidupan masyarakat bisa terbantu, dan secara tak langsung meningkatkan kesejahteraan mereka.

Selain itu program bersih kali dan pemasangan pipa untuk kebutuhan air masyarakat juga dilakukan. Kali Bening diharapkan bisa semakin bersih dan sehat.

Kebiasaan masyarakat buang air besar di kali ini diharapkan bisa segera hilang. Sehingga air kali bisa benar-benar sehat dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

“Sungainya masih bersih. Kalau dijaga masyarakat tidak perlu kesulitan menghadapi masa kemarau. Air bisa dimanfaatkan untuk sehari-hari tanpa khawatir soal kesehatan. Karena itu jamban sehat harus dibuat untuk warga,” tambanya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.