Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Hingga Tentara di Jepara Coba Buktikan Hari Tanpa Bayangan

0 21.541

MURIANEWS.com, Jepara – Informasi mengenai adanya Hari Tanpa Bayangan di wilayah Jepara, menimbulkan rasa penasaran di kalangan masyarakat. Apalagi Jepara menjadi wilayah pertama di Jawa Tengah yang mengalami fenomena ini.

Sesuai dengan informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis (10/10/2019) wilayah Jepara mengalami fenomena yang juga disebut Kulminasi Utama itu.

Fenomena ini akhirnya membuat masyarakat Jepara banyak yan mencoba membuktikannya. Seperti halnya yang terjadi di kampung Surodadi, Mulyoharjo, Jepara. Sejumlah warga mencoba membuktikan informasi yang sudah beredar di masyarakat tersebut.

Mereka dengan sengaja berdiri di tengah salah satu halaman rumah warga untuk membuktikan informasi tersebut. Pada sekitar jam 11.24 WIB, mereka sengaja berdiri untuk melihat apakah mereka benar-benar tidak membuat bayangan dari sinar matahari yang memancar terik siang itu.

Salah seorang warga, A Sutarto (42) mengaku penasaran dengan kabar yang telah beredar. Pada kesempatan itu Sutarto mengaku tetap melihat bayangan meskipun bentuknya tidak besar. Bisa jadi hal itu disebabkan dirinya dan rekan-rekannya sedikit terlambat untuk mendapatkan momen tersebut.

“Tadi masalahnya agak berawan. Jadi kami sempat menunggu dalam beberapa waktu untuk bisa melihat bayangan yang timbul. Mungkin posisi matahari sudah sedikit bergeser sehingga bayangan masih terlihat sedikit,” ujar Sutarto, Kamis (10/10/2019).

Baca: Jepara Bakal Jadi Wilayah Pertama di Jateng yang Alami Hari Tanpa Bayangan

Pada kesempatan itu, Babinsa Mulyoharjo Serka Muryono juga ikut  bergabung dengan warganya. Melihat warga berkumpul, dirinya kemudian ikut bergabung untuk sama-sama menikmati fenomena alam tersebut.

“Tadi saya sebenarnya lagi berkeliling. Lha kok ada warga kumpul-kumpul. Ya sudah akhirnya saya ikut bergabung untuk bersama-sama membuktikan hari tanpa bayangan ini. Jadi memang bayangan yang muncul tidak seperti biasannya,” ujar Serka Muryono.

Fenomena Hari Tanpa Bayangan, menurut BMKG disebutkan akan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah. Wilayah Kabupaten Jepara merupakan daerah pertama yang mengalami fenomena ini, karena berada paling utara Pulau Jawa.

Fenomena hari tanpa bayangan, menurut BMKG terjadi karena posisi matahari tepat berada di atas kepala. Sehingga bayangan yang terbentuk bisa dikatakan tidak ada. Meski dalam kenyataannya masih ada juga sedikit bayangan yang muncul.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.