Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDAM Pastikan 44 Ribu Pelanggan di Kudus Tak Akan Kekurangan Air Bersih

0 65

MURIANEWS.com, Kudus – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus memastikan stok air bersih bagi 44 ribu pelanggan tercukupi. Padahal, musim hujan diprediksi akan tiba pada November 2019 mendatang.

Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini mengatakan, kebutuhan air PDAM selama beberapa pekan ini mengalami kenaikan. Semula rata-rata berkisar 12 meter kubik per bulan per pelanggan saat ini mencapai 17 meter kubik.

“Ini dimungkinkan karena adanya permintaan bantuan air bersih untuk warga yang kesulitan mendapatkan air bersih,” jelasnya.

Ia mengatakan, dampak dari musim kemarau ini tidak hanya mengakibatkan debit sumur produksi menurun. Melainkan pasokan air ke masing-masing pelanggan juga berbeda dengan kondisi sebelumnya.

“Tercatat dari 56 sumur produksi yang ada, mayoritas mengalami penurunan debit air karena musim kemarau,” jelasnya.

Ia menjelaskan, debit air yang diproyeksikan untuk masing-masing sumur produksi berkisar 10 liter per detik. Hanya saja saat ini ada yang kurang dari 10 liter.

“Seperti 8 liter dan 3 liter, meskipun ada pula yang mencapai 14 liter,” katanya.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada pelanggan agar tidak khawatis kekurangan air bersih. Karena PDAM tetap bisa memenuhi kebutuhan air pelanggar di 44 ribu pelanggan di Kudus.

Ditambahkan dia, dalam rangka meningkatkan keandalan stok air PDAM. Pihaknya tahun ini sedang membangun empat unit sumur produksi.

“Ini untuk mendukung keandalan pasokan air untuk pelanggan di Kecamatan Bae, Kecamatan Kota, Kecamatan Dawe serta Kecamatan Undaan,” pungkasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.