Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus Dapat Tambahan Alokasi Pupuk Bersubsidi 1.000 Ton

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus mendapatkan tambahan pupuk bersubsidi jenis urea sebanyak 1.000 ton. Tambahan ini untuk memastikan kebutuhan pupuk bagi petani di Kudus tercukupi.

Anggota Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Abdullah Muttaqin mengatakan, awalnya pupuk bersubsidi yang diterima ada sebanyak 7.093 ton urea. Namun kini ada tambahan alokasi pupuk sebanyak 1.000 ton.

“Hal ini tentunya semakin memberikan jaminan ketersediaan pupuk bersubsidi di Kudus pada awal musim tanam pertama mendatang,” ungkapnya.

Ia mengatakan, penambahan alokasi pupuk bersubsidi itu sesuai dengan surat keputusan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kudus. Yakni tentang realokasi pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian di Kabuupaten Kudus tahun 2019.

Selain urea, ada beberapa jenis pupuk lainnya yang tidak ada penambahan. Bahkan ada pengurangan alokasi pupuk.

Untuk pupuk jenis SP36, ZA, dan organik alokasinya  masih sama. SP36 sebanyak 1.550 ton, ZA sebanyak ZA sebanyak 3.523 ton, dan organik sebanyak 2.300 ton. Sedangkan ada pengurangan untuk pupuk NPK.

“Pupuk NPK awalnya mendapatkan alokasi 6.443 ton, kemudian berkurang menjadi 6.350 ton,” paparnya.

Dengan demikian, diharapkan petani tidak perlu khawatir tentang ketersediaan pupuk. Apalagi alokasi pupuk saat ini tersedia cukup banyak.

Ditambahkan dia, untuk antisipasi kelangkapaan pupuk pihaknya telah melakukan pencegahan. Yakni membentuk grup media sosial WhatsApp. Sehingga setiap ada penambahan alokasi pupuk bisa diketahui oleh para anggotanya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...