Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jumlah Penumpang Meningkat, Trip Pelayaran Jepara-Karimunjawa Ditambah

0 467

MURIANEWS.Com, Jepara – Perkembangan Pariwisata di Karimunjawa, Jepara semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah kunjungan di kawasan ini juga meningkat seiring dengan waktu.

Peningkatan jumlah kunjungan tersebut memerlukan tambahan kapasitas pengangkutan dari dan ke Karimunjawa. Untuk keperluan tersebut, operator Kapal cepat, PT Pelayaran Sakti Inti Makmur (PSIM) akhirnya menambah satu lagi kapal untuk melayani jalur Jepara-Karimunjawa.

Manajer Umum (GM) PT Pelayaran Sakti Inti Makmur Herman Fikri Tegoeh berharap tambahan armada ini bisa memberi dampak lebih baik untuk Karimunjawa dan Jepara. Kebutuhan transportasi untuk Karimunjawa saat ini membutuhkan peningkatan kapasitas layanan, seiring meningkatnya jumlah pengunjung.

Satu unit kapal cepat tambahan tersebut adalah Express Bahari 6F. Diharapkan penambahan sarana angkutan penumpang ini bisa semakin mendukung pengembangan sektor pariwisata di Pulau Karimunjawa.

“Kapal baru ini nantinya akan melayani perjalanan (trip) pergi pulang (PP) Jepara – Karimunjawa. Sebelumnya kami sejak 2012 silam, sudah mengoperasikan satu kapal yang jenisya sama,” ujar Herman Fikri Tegoeh, Rabu (9/10/2019).

Kabupaten Jepara merupakan cabang keempat PT PSIM di Indonesia, setelah Palembang, Aceh, dan Kupang, yang mengoperasikan ada dua kapal cepat Express Bahari. Kapal baru yang dioperasikan memiliki kapasitas penumpang sebanyak 260 orang.

Selain dua kapal cepat Ekspress Bahari yang dioperatori PT PSIM, maka saat ini pelayaran Jepara-Karimunjawa juga dilayani oleh KMP Siginjai. Kapal ini merupakan kapal milik PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP).

Sementara itu, Kabid Perhubungan Laut Dishub Jepara, Suroto berharap, tambahan trip pelayaran ini bisa membuat wisatawan kian terlayani dengan baik. Terlebih gairah pariwisata Karimunjawa juga semakin meingkat.

“Masalah pengangkutan ke Karimunjawa memang mulai menjadi kendala. Banyak yang tanya, sebenarnya kapalnya itu ada berapa. Jadi adanya tambahan kapal ini, mudah-mudahan semakin bisa mendukung perkembangan di Karimunjawa,” ujar Suroto secara terpisah.

Kapal baru yang dilaunching tersebut, akan melayani pelayaran ke Karimunjawa pada Jumat (11/9/2019).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.