Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Anggota DPRD Jepara yang Telat Dilantik karena Jadi Tim Haji Akhirnya Diambil Sumpah

0 627

MURIANEWS.com, Jepara – DPRD Jepara langsung melakukan pengambilan sumpah dan janji terhadap dua anggota DPRD Jepara tak sempat ikut pelantikan beberapa waktu lalu. Pelantikan dua anggota dewan dari Gerindra ini dilakukan begitu DPRD Jepara mempunyai pimpinan definitif, Selasa (8/10/2019).

Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali, yang belum satu jam menerima mandat, langsung memimpin pengambilan sumpah dan janji tersebut. Arizal Wahyu Hidayat dan Achmad Harmoko, politisi Partai Gerindra tersebut, akhirnya sah menjadi anggota DPRD Jepara.

Pengambilan sumpah kedua anggota dewan ini dilakukan hampir dua bulan setelah agenda yang sama oleh 48 anggota yang lain. Arizal dan Harmoko tidak mengikuti pengucapan sumpah/janji bersama-sama pada 13 Agustus 2019.

Saat itu, mereka sedang berada di Tanah Suci menjalankan tugas sebagai anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Jepara.  Sehingga pengambilan sumpah dan janji harus menunggu terbentuknya pimpinan definitif DPRD Jepara.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko meminta agar Arizal dan Harmoko segera memahami dan melaksanakan tiga fungsi DPRD dengan baik. Tugas legislasi, penganggaran, dan pengawasan, adalah tugas utama yang nantinya harus mereka jalankan.

Sementara itu, Harmoko menyatakan lega setelah selesai menyampaikan sumpah dan janji. Dengan demikian secara legal dirinya sudah mendapatkan keabsahan sebagai anggota DPRD Jepara, dan bisa bertugas secara penuh.

Sebelumnya, karena belum sah, dirinya bersama Arizal sama sekali belum bisa melaksanakan tugas seperti rekan-rekan anggota dewan lainnya. Praktis dalam pembahasan-pembahasan di bawah Pimpinan Sementara DPRD Jepara, dirinya tidak bisa terlibat.

Baca: Belum Ada Pimpinan Definitif, Dua Anggota DPRD Jepara Tak Gajian

Tidak hanya itu, hak-hak dirinya sebagai anggota DPRD Jepara juga tidak bisa diberikan. Selama dua bulan, kendati sudah masuk dalam SK Gubernur Jawa Tengah, namun dalam kenyataannya, dirinya belum diberikan hak-hak selama dua bulan.

“Kemarin-kemarin saya datang ke kantor DPRD Jepara diledek teman-teman. Karena saya dianggap belum anggota dewan. Sekarang lega, karena sudah bisa melaksanakan tugas-tugas yang sebenarnya mewakili konstituen,” ujar Harmoko, sambil tertawa.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.