Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Brimob Hingga Tentara Dikerahkan Amankan Pilkades di Wonosobo

0 145

MURIANEWS.com, Wonosobo – Sebanyak 40 desa yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Wonosobo, akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Rabu (9/10/2019) besok. Instansi-instansi pengamanan serti Polri dan TNI mengerahkan kekuatan penuh untuk menjaga pelaksanaan demokrasi tingkat lokal itu berlangsung aman.

Pasukan keamanan yang akan dilibatkan mulai dari jajaran Polres Wonosob, yang dibantu tentara dari Kodim 0707/Wonoso. Tak hanya itu, Polda Jateng juga mengirimkan personel Brimob untuk membantu pengamanan.

Pasukan yang akan diterjunkan dalam pilkades serentak di Wonosobo ini, Selasa (8/10/2019) mengikuti apel gelar pasukan di halaman Mapolres Wonosobo. Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras memimpin langsung gelar pasukan ini.

Abdul Waras mengatakan, pilkades merupakan penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta dalam menentukan pimpinan. Oleh karena itu, menurutnya tanggung jawab menjaga keamanan selama pilkades harus didukung seluruh elemen masyarakat.

“Karena pilkades ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing desa, saya berharap seluruh komponen masyarakat dapat membantu perugas kepolisian maupun TNI untuk mengamankan jalannya pilkades,” kata Abdul Waras.

Ia menyebut, sebanyak 250 personel Polres Wonosobo dikerahkan dalam proses pengamanan. Selain itu, prajurit TNi dari Kodim dan anggota Satpol PP hingga Linmas juga akan membantu menjaga kondusivitas wilayah.

”Selain personel Polres Wonosobo dan Kodim 0707/Wonosobo, pengamanan pilkades juga didukung bantuan pasukan dari Brimob Polda Jateng sebanyak satu SSK atau 100 personel,” ujarnya.

Pihaknya berharap pelaksanaan pilkades di 40 desa di Kabupaten wonosobo dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara dalam apel gelar pasukan itu juga dihadiri jajaran forkompimda dan camat di masing-masing kecamatan yang akan mengadakan pilkades.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.