Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dewan Temukan Kredit Macet Hampir Rp 1 Triliun di Bank Jateng Cabang Jakarta

0 4.992

MURIANEWS.com, Semarang – Komisi C DPRD Jawa Tengah menemukan adanya kredit macet yang nilainya hampir mencapai Rp 1 triliun di Bank Jateng Cabang Jakarta. Temuan ini didapatkan saat mengevaluasi kinerja bank pelat merah milik Pemprov Jateng tersebut.

Anggota Komisi C DPRD Jateng Riyono mengatakan, permasalahan kredit macet itu bahkan sudah terjadi sejak 2018 lalu.

“Kinerja Bank Jateng Cabang DKI Jakarta kami nilai punya masalah serius. Ini berkaitan dengan kredit macet yang nilainya hampir Rp 1 triliun,” katanya dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS.com, Senin (7/10/2019).

Ia menilai, munculnya kredit macet sampai sebesar itu disebabkan karena lemahnya kinerja pimpinan Bank Jateng dalam proses pengawasan.

Selain itu menurut dia, faktor penyebab yang paling dominan adalah tidak kompatibelnya analisis kredit dalam membaca atau memprediksi usaha yang sedang tren. Hal tersebut menurut dia, berdasarkan keterangan dari debitur yang usahanya mengalami penurunan dari segi omzet.

“Target kinerja mereka di tahun ini harus menyelesaikan permasalahan yang sudah dinyatakan mengalami minus Rp 390 miliar. Ini harus menjadi catatan penting di tim Bank Jateng cabang DKI Jakarta dan harus ada evaluasi total,” ujar politisi PKS itu.

Riyono menyebut, Bank Jateng Pusat sudah membentuk tim khusus. Namun sampai akhir tahun ternyata tim tersebut tidak mampu untuk menutup sekaligus mengembalikan kerugian.

“Iya minimal bisa mengembalikan uang kerugian Rp.150 miliar. Berarti ada utang yang harus diselesaikan Bank Jateng kurang lebih Rp 290 miliar, jika ingin kinerjanya dinyatakan bagus,” ungkapnya.

Riyono mengatakan, perlu adanya evaluasi total dan jika diperlukan adanya restrukturisasi jajaran pimpinan yang lebih berkualitas. Sehingga mampu menerima tantangan untuk menuntaskan permasalahan di Bank Jateng Cabang DKI.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.