Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Pasucen Pati Tak Terima Airnya Dijual Pengusaha

0 5.939

MURIANEWS.com, Pati – Warga Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati diresahkan adanya aktivitas penjualan air bawah tanah yang dilakukan CV MJ Barokah. Pasalnya, aktivitas itu disebut warga telah berdampak pada sumber air yang semakin menipis.

Khoirul Anwar, salah satu warga Desa Pasucen mengatakan, penjualan air bawah tanah oleh MJ Barokah itu disinyalir sudah lama terjadi. Bahkan dalam sehari, air yang diambil dan dijual bisa sampai ratusan tangki.

“Kondisinya sekarang sudah kering. Kalau air diambil lalu dijual, maka yang kasihan adalah kami warga Pasucen,” katanya, Senin (7/10/2019).

Menurutnya, meski perusahaan it uterus menyedot air dari desanya, namun perusahaan itu tak pernah memberi kompensasi apapun.

Apalagi dari hasil audiensi dengan Pemerintah Desa Pasucen diketahui jika pengambilan air di sebelah selatan tempat pemakaman umum (TPU) itu tidak berizin. “Tidak ada izinnya, tiba-tiba air diambil dan dijual,” imbuh Anwar.

Sementara itu, Kepala Desa Pasucen Wiwik Hadiyanto mengaku tidak pernah dilibatkan dalam proses eksploitasi dair bawah tanah tersebut. Bahkan terkait perizinannya pun, dia mengaku tidak ada.

“Setahu saya, kita belum pernah dilibatkan dalam persoalan izin,” terangnya.

Pihaknya berencana akan memanggil pemilik MJ Barokah dan para pemilik lainnya untuk digelar mediasi bersama warga. Mengingat, warga memang banyak yang mengeluhkan hal tersebut.

“Kami akan memanggil mereka dan melakukan mediasi untuk bagaimana baiknya,” katanya.

Atas kekesalan itu, warga pun mengelar aksi unjukrasa. Mereka juga menyegel salah satu depo air di desa tersebut.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.