Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Viral Slip Gaji Bupati Banjarnegara, Ganjar: Mereka Usulkan Rp 100 Juta

0 892

MURIANEWS.com, Semarang – Postingan slip gaji Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang hanya sebesar Rp 5,9 juta viral di media sosial. Ramainya percakapan soal gaji kepala daerah itu pun ditanggapi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menyebut jika besaran gaji kepala daerah yang kecil itu sudah menjadi rahasia umum. Oleh karenanya, para kepala daerah diminta sabar.

“Semua tahu, bahwa gaji kepala daerah ya cuma segitu, maka jangan rebutan. Kalau tidak mau gaji segitu, ya jangan jadi kepala daerah,” kata Ganjar, Senin (7/10/2019).

Ia meminta para bupati wali kota untuk sabar, pemerintah pusat dalam hal ini presiden, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri sudah lama membahas mengenai hal ini.

Ganjar pun menyebut jika para kepala daerah ini sudah tahu mengenai gaji mereka akan naik atau tidak. Bahkan menurutnya, kenaikan gaji kepala daerah kemungkinan akan dilaunching setelah pelantikan Presiden.

“Semua sudah dibahas, Kemendagri sudah menyusun itu. PP nya sudah berujung, sebentar lagi selesai. Sebenarnya Pak Bupati (Budhi Swarwono) sudah tahu, kan saat rapat di Istana Bogor, beliau juga hadir. Kalau memang tidak tahu, boleh bertanya pada saya, pada Kemendagri atau Presiden langsung,” terangnya.

Ganjar pun menyebut, jika sebenarnya para kepala daerah ini sudah mempunyai hitung-hitungan mengenai besaran gaji ideal bagi mereka.

“Saat ada kasus OTT Kudus, saya tanya apa problemnya. Mereka menjawab bahwa pendapatan kurang. Terus saya tanya kalau kurang berapa? Mereka mengusulkan Rp 100 juta,” terangnya.

Angka itu menurut Ganjar sebenanrnya masuk akal. Meski nominal itu hanya berdasarkan obrolan, dan belum dilakukan riset khusus tentang berapa sebenarnya kebutuhan gaji kepala daerah dan dengan indikator tertentu.

“Sudah saya komunikasikan dengan Presiden, Kemenkeu dan Kemendagri. Sudah saya ajak ngomong cukup lama. Ini memang butuh proses panjang. Sekali lagi, sabar,” terangnya.

Ia pun mengaku menyayangkan mengenai postingal slip gaji bupati itu, lantaran para kepala daerah sudah tahu gaji mereka akan naik. Kendati demikian, Ganjar mengaku tak akan memberikan sanksi atau teguran. “Tidak ada teguran. Hanya saya sampaikan saja, sabar saja,” imbuhnya.

Baca: Bupati Banjarnegara Beberkan Gajinya, Ternyata Besarannya Segini

Sebelumnya diberitakan slip gaji Bupati Banjarnegara viral setelah diposting dalam akun @kabupatenbanjarnegara, Jumat (4/10/2019). Dalam postingan foto itu diberi caption ”GAJIAN BUPATI BULAN OKTOBER 2019”.

Dalam slip itu total gaji bersih yang diterima Budhi Sarwono tertera sebesar Rp 6.114.100. Namun jumlah ini masih dipotong zakat sebesar Rp 152.900.

Sehingga nominal yang dikantongi Budhi Sarwono sebagai gaji bupati hanya tinggal Rp 5.961.200. Gaji tersebut menurut Sarwono pada wartawan, sudah termasuk tunjangan anak dan istri, tunjangan beras dan lainnya.

“Mudah-mudahan beliau (Presiden) sebagai orang tua saya dan panutan saya bisa melihat keadaan gaji bupati yang ada di seluruh Indonesia, saya kira sama. Dari tahun 2010 sampai sekarang belum ada penyesuaian. Mudah-mudahan barangkali ada peningkatan, bisa bermanfaat untuk teman-teman kita semua di Indonesia yang sebagai kepala daerah,” kata Budhi.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.