Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gali Makam, Warga Jangkungharjo Grobogan Temukan Jasad Utuh Berikut Kain Kafannya

MURIANEWS.com, GroboganWarga Desa Jangkungharjo, Kecamatan Brati sempat digegerkan dengan penemuan jasad dalam kondisi utuh berbalut kain kafan, Minggu (6/10/2019). Anehnya, kain kafan yang membungkus jasad itu kondisinya juga masih kuat kendati warnanya agak kotor karena lama terpendam tanah.

Penemuan jasad itu juga sempat viral setelah diunggah di media sosial oleh beberapa orang. Salah satunya adalah pemilik akun facebook dengan nama Mbah Sahid yang punya nama asli Nur Sahid, warga setempat.

Saat ditemui wartawan di rumahnya, Sahid menjelaskan, penemuan jasad utuh itu berawal saat warga akan melakukan penggalian untuk lokasi makamnya Mbah Jasman (70), warga setempat, yang meninggal Minggu dinihari tadi. Saat melakukan penggalian sekitar 1,5 meter, warga melihat ada papan kayu yang kondisinya sudah lapuk. Saat digali lebih lanjut, ditemukanlah jasad tersebut.

“Hal ini tentu saja sangat mengejutkan puluhan warga yang saat itu ada di lokasi pemakaman. Karena, tempat yang digali itu lokasinya cukup longgar dan tidak ada nisan di atasnya. Tetapi, setelah digali justru ada jasad yang ditemukan dalam kondisi utuh. Kemungkinan jasad ini sudah puluhan tahun terkubur,” jelasnya.

Sudarto warga lainnya menambahkan, melihat ukurannya, jasad tersebut adalah orang tua. Saat diangkat, jasad tersebut terasa berat, seolah tubuhnya masih utuh. Namun, ia tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena tidak membuka kain kafan tersebut.

“Yang pasti, jasad tadi bukan anak kecil tetapi orang tua. Saat diangkat tadi juga tidak tercium bau menyengat. Saya kira, pemilik jasad yang masih utuh tersebut dulunya merupakan orang alim,” jelas kata pria yang ikut menggali kubur tersebut.

Selanjutnya jasad yang masih utuh itu dimakamkan lagi di lokasi semula bersama jasad Mbah Jasman. Warga setempat tidak mengetahui siapakah identitas jasad yang ditemukan dalam kondisi masih utuh tersebut. Diperkirakan, jasad itu sudah terkubur lama dan ahli warisnya sudah tidak ada lagi di Desa Jangkungharjo.

“Kemungkinan ahli waris jasad yang utuh itu sudah tidak ada lagi. Kalau masih ada, tentu kuburnya masih terawat dan nisannya tidak sampai hilang,” timpal Sahid.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...