Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Resmikan Masjid, Warga Demaan Gelar Kirab Budaya di Makam Pangeran Puger

MURIANEWS.com, Kudus – Ratusan warga Desa Demaan Kecamatan Kota menggelar kirab budaya dan ziarah bersama di makam Pangeran Puger yang terletak di desa setempat, Minggu (6/10/2019). Kegiatan ini dalam rangkan peresmian masjid Al Mubarok Desa Demaan.

Dari pantauan di lapangan, ratusan warga mulai start di depan Masjid Mubarok Desa Demaan. Barisan terdepan diisi oleh banser. Mereka membawa bendera Merah Putih dengan diiringi enam grup terbang kolosal.

Sesampainya di makam Pangeran Puger, ratusan warga melaksanakan tahlil. Mereka mendoakan leluhur Pangeran Puger yang sudah meninggal. Selesai berdoa, ratusan warga tersebut kembali ke halaman masjid Al Mubarok Desa Demaan.

Di halaman masjid, dari pihak panitia telah menyediakan beberapa hidangan makanan. Ada tujuh menu makanan dan lima jenis minuman yang telah disajikan oleh panitia.

Untuk makanan, di antaranya nasi rames, lentog, nasi kebuli, puli kotosan, soto ayam, hingga galantin. Sedangkan untuk minuman meliputi, teh, kopi, jahe, beras kencur, dan air mineral.

Ketua Panitia Ubaidilah Andoko mengungkapkan, kegiatan kirab ini adalah dalam rangka untuk peresmian masjid Al Mubarok Desa Demaan. Rangkaian acara hari ini, dimulai dengan khotmil quran hingga kirab budaya.

Ratusan warga Desa Demaan Kecamatan Kota melaksanakan kirab budaya dan ziarah bersama di makam Pangeran Puger yang terletak di desa setempat, Minggu (6/10/2019). (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji)

“Tadi pukul 13.00 WIB ada khotmil quran, dilanjutkan pukul 15.00 WIB salat Asar, hingga kirab budaya dan ditutup dengan menikmati aneka kuliner,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk syukur atas selesainya pembangunan Masjid Al Mubarok. Menurutnya ada maksud pelaksanaan kirab menuju ke Makam Pangeran Puger dan juga melaksanakan doa di makam tersebut.

“Karena ada kaitannya sama dengan Mbah Puger. Beliau dulu dari cerita leluhur adalah yang mendirikan masjid pertama di Desa Demaan dan cikal bakal Desa Demaan,” ungkapnya.

Dengan demikian, diharapkan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat di Desa Demaan semakin makmur. Mendapatkan barokah dari pelaksanaan kegiatan kirab tersebut.

“Harapannya setelah ke sini ada barokah khususnya Desa Demaan. Semakin makmur masjidnya dan semakin makmur warganya,” pungkasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...