Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kemarau Panjang, Warga Kedungsari Kudus Gelar Salat Istisqa

MURIANEWS.com, Kudus – Ratusan warga Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog menggelar salat istisqa di lapangan desa setempat, Sabtu (5/10/2019). Mereka berharap kepada Allah SWT agar segera diberikan turun hujan. Apalagi, selama enam bulan lebih tidak turun hujan.

Suriah NU Desa Kedungsari Nur Hari mengatakan, kegiatan salat istisqa ini merupakan kegiatan untuk memohon kepada Allah akan segera diberikan hujan. Menurutnya, musim kemaru di wilayahnya terbilang panjang.

“Sejak bulan awal Mei kemarin hingga bulan ini belum ada turun hujan,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum menjalankan salat istisqa panitia melepas lima ekor burung dari sangkar supaya bisa hidup di alam bebas. Hal tersebut menjadi kesunahan dalam salat istisqa

“Hewan ini juga terasa haus. Juga burung-burung ini berharap segara turun hujan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, selepas salat, ratusan warga juga berebutan es dawet. Ada sebanyak 1.300 es dawet yang dibagikan kepada masyarakat dan pelajar. Hal ini juga sebagai tradisi untuk bersodaqoh selepas salat istisqa.

“Sedangkan untuk es dawet ini sebagai bentuk sodakoh. Es dawet diberikan kepada masyarakat sekitar yang juga turut hadir dalam pelaksanaan salat tersebut,” ungkapnya.

Dengan demikian, ia berharap agar dalam waktu dekat segera turun hujan. Ia juga berharap untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia agar tetap aman.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...