Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kodam IV/Diponegoro Pamer Kekuatan Tempur di HUT TNI

0 114

MURIANEWS.com, Semarang – Puncak peringatan Hari TNI tingkat Jawa Tengah dan DIY digelar di Lapangan Panglima Jenderal Soedirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (5/10/2019). Dalam puncak peringatan ini, Kodam IV/Diponegoro tak hanya menggelar seremoni berupa upacara semata, melainkan juga unjuk kekuatan tempur.

Sejumlah pucuk pimpinan satuan dari tiga matra TNI hadir dalam kesempatan ini. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel juga hadir.

Upacara seremoni dipimpin Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochaad Effendi yang membacakan sambutan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Usai upacara, TNI langsung unjuk kekuatan tempurnya. Mulai dari kekuatan pasukan, hingga kekuatan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Defile pasukan dari seluruh satuan di tubuh TNI menjadi tontontan menarik bagi ribuan orang yang ikut memadati lokasi upacara. Tak hanya itu, warga juga tamu undangan disuguhi demonstrasi aeromodelling dan pesawat TNI AU yang meliuk-liuk di udara. Ada juga tarian kolosal gabungan angota TNI dan para pelajar.

Atraksi para pasukan TNI di sela-sela peringatan HUT TNI dan Kodam IV/Diponegoro di Lapangan Jenderal Soedirman, Ambarawa. (MURIANEWS.com)

Sejumlah tank andalan milik TNI juga dipamerkan di lokasi tersebut. Warga terutama anak-anak terlihat antusias menaiki kendaraan lapis baja itu.

Selain tank, ada juga senjata-senjata terbaru milik TNI, baik senjata ringan maupun berat. Di antaranya, senapan serbu varian I sampai V dan tank Leopard. Sementara untuk pesawat, ada Grob buatan Jerman. Pesawat ini setara dengan yang digunakan oleh Jupiter Aerobic Team.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi menyebut, pameran alutsista TNI untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang potensi kekuatan TNI di wilayah Jateng dan DIY.

“Kita punya Lanal dan Lanud. Selain itu juga Infanteri, Kavaleri, sehingga masyarakat mengetahui fungsi dan tugas setiap kesatuan. Kami ingin menunjukkan jika TNI semakin modern dan profesional,” katanya.

Sementara terkait HUT TNI dan Kodam IV/Diponegoro, Pangdam menyebut momen ini sebagai pijakan untuk meningkatkan etos kerja. Ia menyebut, Kodam akan terus memantapkan semangat pengabdian dan mengutamakan tugas negara dari pada kepentingan pribadi.

“Ini juga momentum untuk instropeksi dan mawasdiri atas berbagai tugas yang telah kita laksanakan, serta sebagai wahana untuk mempertebal semangat jiwa korsa dan meningkatkan etos kerja guna mendukung tugas pokok TNI,” ujarnya.

Sementara menurut Ganjar Pranowo, ribuan masyasrakat yang ikut menyaksikan dalam upacara dan pemeran ini sebagai bukti bahwa TNI manunggal dengan Rakyat bukan sekadar isapan jempol.

“Terimakasih TNI, sudah menjaga rakyat menjaga NKRI. TNI dukung rakyat, rakyat dukung TNI. Manunggal menjadi kuat,” katanya.

Baca: Rukun, Kapolda Jateng Beri Kejutan dan Suapi Pangdam di Hari TNI

Ganjar menyatakan, di tengah kondisi bangsa yang masih menghangat, sudah semestinya TNI berada di garis terdepan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Hari ini menjadi penting, bagaimana kondisi bangsa dan negara yang hangat ini TNI menjadi penting untuk berada di garis terdepan agar bangsa ini selalu terjaga,” kata Ganjar.

Bahkan menurut Ganjar peran TNI juga sangat besar dalam mempertahankan NKRI, terutama dalam menjaga ideologi bangsa.

Bukan hanya melakukan gemblengan terhadap prajuritnya namun menjadikan ideologi bangsa, Pancasila sebagai hal yang tidak bisa ditawar siapapun. “Ideologi tidak tercabik-cabik, itulah kita bisa bertahan,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.