Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Banjarnegara Beberkan Gajinya, Ternyata Besarannya Segini

0 765

MURIANEWS.com, Banjarnegara – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono memamerkan besaran gajinya pada masyarakat. Slip gaji yang diterima untuk bulan Oktober 2019 pun dibeberkan.

Foto slip gaji itu diposting melalui media sosial di akun Instagram resmi Pemkab Banjarnegara @kabupatenbanjarnegara, Jumat (4/10/2019). Dalam postingan foto itu diberi caption ”GAJIAN BUPATI BULAN OKTOBER 2019”.

Dalam slip itu total gaji bersih yang diterima Budhi Sarwono tertera sebesar Rp 6.114.100. Namun jumlah ini masih dipotong zakat sebesar Rp 152.900.

Sehingga nominal yang dikantongi Budhi Sarwono sebagai gaji bupati hanya tinggal Rp 5.961.200. Gaji tersebut menurut Sarwono pada wartawan, sudah termasuk tunjangan anak dan istri, tunjangan beras dan lainnya.

Unggahan foto slip gaji Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

Meski demikian, ia mengakui jika gaji tersebut di luar tunjangan-tunjangan operasionalnya sebagai bupati. Nilainya sekitar Rp 1 juta setiap kali turun ke lapangan.

Selain itu, kata dia, ada juga tunjangan kesehatan berupa penggantian biaya perawatan di rumah sakit yang nilainya tidak dibatasi.

Berbeda dengan gaji anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara yang menurutnya mencapai Rp 32 juta per bulan. Itu belum termasuk tunjangan operasional, biaya kunjungan kerja dan lainnya.

Menurutnya, ia sengaja memasang foto slip gajinya tersebut agar masyarakat tahu jika gaji bupati itu tak banyak. Selain itu ia berharap, pemerintah pusat termasuk presiden juga memperhatikan.

Ia menyebut, jika foto slip gaji itu diambil oleh anak pertamanya yang masih duduk di bangku SMP.

”Saat itu lagi duduk-duduk di rumah sambil menasihati anak. Lalu datanglah bendahara yang hendak menyerahkan gaji Oktober. Setelah slip gaji itu saya tanda tangani, saya letakkan di samping sambil mengerjakan pekerjaan kantor. Anak saya melihat dan bertanya ‘Bapak kok gajinya cuma Rp5 juta,” terangnya.

Baca: Viral Slip Gaji Bupati Banjarnegara, Ganjar: Mereka Usulkan Rp 100 Juta

Setelah itu slip itu ia foto dan memngirimkan foto tersebut ke staf Dinkominfo Banjarnegara bernama Khadir dan memintanya untuk mengunggah ke medsos.

“Pak Khadir kemudian tanya ke saya ‘boleh Pak?’ Saya jawab ‘ya udah enggak apa-apa, ya gajinya memang segitu, ngapain’. Ternyata diunggah dan sorenya, ajudan saya ngomong ‘Pak ini gaji Bapak jadi viral, banyak yang komentar’,” kata dia.

Saat ini unggahan itu menjadi viral. Dan ia mengaku tak mempermasalahkannya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.