Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lima Kali Raih WTP, Pemkab Blora Terima Penghargaan dari Kementerian Keuangan

0 56

MURIANEWS.com, Blora – Pemerintah Kabupaten Blora menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018 dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara wilayah Jateng Sulaimansyah kepada Bupati Djoko Nugroho di ruang pertemuan Setda Kabupaten Blora. Sejumlah pejabat terkait ikut menyaksikan acara pemberian penghargaan tersebut.

“Piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan ini merupakan oleh-oleh yang luar biasa dari Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara wilayah Jateng. Biasanya kepala daerah diundang untuk menerima penghargaan di pusat, sekarang justru diantar ke Blora,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho.

Djoko menerangkan, Kabupaten Blora sudah lima kali atau lima tahun berturut-turut meraih predikat opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah yang telah disusun dan dievaluasi oleh BPK.

“Adanya predikat WTP ini bukan tujuan akhir, melainkan awal kerja untuk menuju lebih baik lagi. Menurut saya, WTP ini bukan sebuah prestasi, namun sebuah kewajiban bagi daerah dalam penyelenggaraan sistem keuangannya yang terbaik. Kita sudah lima kali, saya berharap tahun depan kita bisa meraih predikat WTP Plus,” tegasnya.

Usai penyerahan penghargaan berupa sertifikat WTP dari Kementerian Keuangan, dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang pemanfaatan bersama data dan informasi keuangan antara Bupati Blora dengan Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara wilayah Jateng.

Sementara itu, Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara wilayah Jateng Sulaimansyah menerangkan, WTP merupakan predikat standart kualitas tertinggi terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

“Blora ini sudah lima kali WTP. Biasanya yang sudah lima kali penyerahan penghargaannya dilakukan oleh Presiden, Wakil Presiden atau Menteri Keuangan di Jakarta. Namun karena beberapa waktu lalu ada himbauan dari pusat yang melarang mengundang kepala daerah, maka kami yang ditugasi untuk menyerahkan,” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.