Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Forum DAS Muria Minta Pemkab Tak Rusak Ekosistem Sungai saat Pembangunan River Tourism Kali Gelis

MURIANEWS.com, Kudus – Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) wilayah Muria meminta pemerintah Kabupaten Kudus untuk memperhatikan beberapa saran dalam pembangunan river tourism Kali Gelis. Apalagi, dikhawatirkan pembangunan tersebut akan merusak ekosistem yang ada di Kali Gelis. Oleh karenanya, diharapkan pembangunan harus memperhatikan kaidah konservasi.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Hendy Hendro. Dosen pertanian Universitas Muria Kudus ini menyambut baik program pemerintah daerah Kabupaten Kudus untuk mengembangkan potensi wisata. Hanya, pemerintah harus memperhatikan beberapa dampaknya.

“Saya menyambut baik tentunya pemerintah daerah Kabupaten Kudus untuk mengembangkan wisata. Hanya saya memberikan catatan atau saran,” kata dia saat ditemui di sela-sela kegiatan gerakan pungut sampah di Kali Gelis di Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, Jumat (4/10/2019).

Ia mengatakan, ada beberapa catatan yang perlu disampaikan kepada pemerintah daerah. Di antaranya di dalam pembangunan jangan sampai merusak lingkungan. Apalagi menambah beban lingkungan.

“Artinya kalau ada bentang lahan, dalam hal ini terjadi perubahan-perubahan tidak konservatif malah hasilnya tidak menjadi baik. malah menjadi buruk,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan kaidah-kaidah konservatif dalam pembangunan tersebut. Apalagi, kawasan Kali Gelis ini merupakan kawasan yang konservatif. Sehingga kaidah konservatif ini harus diperhatikan oleh pemerintah daerah.

“Itu saran dan imbau dari kami,” lanjutnya.

Seperti yang diketahui, pembangunan awal river tourism Kali Gelis mulai memasuki tahap awal, yakni masa normalisasi sungai. Normalisasi dilakukan mengingat beberapa titik sudah dianggap terlalu dangkal sempit.

Pada tahun selanjutnya akan diperhitungkan pengembangan di bantaran kali, hingga fungsi tambahan sebagai tempat rekreasi. Anggaran sebesar Rp 100 miliar pun siap digelontorkan guna menyulap Kali Gelis menjadi destinasi wisata yang baru.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...