Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lakpesdam NU Kudus Gelar Ngaji Budaya Gali Culture Preneurship Kiai Telingsing Inspirator Sunan Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LAKPESDAM NU) Kabupaten Kudus bekerjsa sama dengan yayasan pendidikan Islam Kiai Telingsing menggelar sarasehan dan ngaji budaya di ruang galeri Al quran dan galeri Asmaul Husna Museum Jenang, Kamis (4/10/2019) malam. Sarasehan itu mengangkat topik menggali culture preneurship Kiai Telingsing Inspirator Sunan Kudus.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Ketua PCNU Kabupaten Kudus Asyrofi Masitho, Pimpinan cabang Lakoesdam NU Nur Said, Yayasan Pendidikan Islam Kiai Telingsing Agus Nafi, serta para tamu undangan.

Selain itu juga, sebagai narasumber KH Agus Sunyoyo (Lesbumi PBNU sekaligus juga penulis buku atlat walisongo) dan Asmaji Muchtar pernah menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Kiai Telingsing. Ia saat ini adalah Dosen Pascarsarjana Universitas Sains Al-quran (Unisiq) di Wonosobo.

Agus Nafi dalam sambutannya mengatakan, sosok Kiai Telingsing adalah sosok yang istimewa. Sehingga layak untuk diangkat dalam sebuah diskusi secara umum. Apalagi, ajaran Gusjigang yang ada di Kudus ini tidak lepas dari sosok Kiai Telingsing.

“Sosok Kiai Telingsing layak sebagai pelopor. Karena beliau memberikan satu perkembangan bukan hanya pada sektor agama saja. Melain memberikan warisan mengukir. Hal ini seperti yang dirasakan warga di Sunggingan,” ujarnya.

Ia mengatakan, makam Kiai Telingsing masuk dalam cagar budaya. Sehingga pihaknya selalu berupaya untuk melestarikan cagar budaya tersebut. Selam ini, secara swadaya masyarakat berusaha untuk melestarikan makam Kiai Telingsing.

“Untuk itu kami juga mohon restu bisa melaksanakan nguri-nguri budaya yang ada di Sunggingan,” katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan sosok Kiai Telingsing dan Kanjeng Sunan Kudus adalah sosok yang memiliki peran tersendiri. Selain penyebar agama Islam di Kudus, sosok tersebut juga disegani dalam masyarakat.

“Oleh karenanya sosok itu harus menjadi panutan dan membina masyarakat berbangsa dan bernegara,” katanya.

Kedua sosok tersebut, menurut Hartopo menjadi pegangan bangsa dengan keluhuran budi para leluhur tersebut. Sebut saja, filosofi Kanjeng Sunan Kudus dengan Gusjigang. Berakhlak, baik, pintar berdagang, dan mengaji.

“Ini bukti perekonomian di Kudus sangat luar biasa,” lanjutnya.

Untuk itu, Hartopo mengajak seluruh tamu hadiri untuk bersama-sama belajar. Sarasehan dan ngaji budaya menggali culture preneurship Kiai Telingsing inspirator Sunan Kudus.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...