Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gegerkan Warga, Pohon Besar di Areal Makam Desa Genengsari Grobogan Terbakar

MURIANEWS.com, Grobogan – Anggota Damkar Satpol PP Grobogan, hari ini (3/10/2019) melaksanakan tugas lain dari biasanya. Ini lantaran, obyek yang terbakar bukan rumah maupun gedung perkantoran tetapi pohon jati berukuran besar dan tinggi di areal makam Dusun Ledok, Desa Genengsari, Kecamatan Toroh.

Pohon jati setinggi sekitar 20 meter yang sudah mengering ini mulai terbakar sejak hari Rabu (2/10/2019) sore. Anehnya, pohon ini terbakar bukan dari bagian bawah tetapi justru dari ujung dahan.

Hingga malam pohon jati itu masih diselimuti api dan dari kejauhan tampak seperti obor yang menyala. Warga kemudian menghubungi kantor damkar untuk meminta bantuan memadamkan kebakaran yang menimpa pohon di tengah areal makam itu.

Setelah dipadamkan, pohon jati berusia puluhan tahun itu kembali terbakar pada bagian ujungnya hari ini, sekitar pukul 14.00 WIB. Warga kemudian kembali meminta bantuan ke kantor damkar untuk melakukan pemadaman.

Sekitar pukul 16.00 WIB, api yang membakar pohon itu bisa dipadamkam. Meski demikian, upaya pemadaman tidak bisa dilakukan dengan mudah. Petugas damkar harus memanjat pohon lainnya yang sama tingginya supaya mudah mengarahkan semprotan air ke titik api.

“Sudah padam apinya. Jadi, sudah dua kali tim damkar datang kesini untuk memadamkan pohon yang terbakar,” kata Kades Genengsari Sardi.

Menurutnya, akibat kebakaran itu, batang pohon tingginya berkurang sekitar lima meter. Adapun penyebab kebakaran pohon belum bisa diketahui.

“Terbakarnya pohon itu memang cukup aneh dan bikin heran banyak warga. Soalnya yang terbakar dari atas ke bawah. Saya kira bukan sengaja dibakar orang karena pohonnya sangat tinggi,” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...