Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sekda Kudus Ajak Tokoh Masyarakat dan Warga Gelar Salat Istisqa untuk Minta Hujan

MURIANEWS.com, Kudus – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus Sam’ani Intaqoris mengajak seluruh tokoh masyarakat yang beragama islam untuk mengajak masyarakat daerahnya menggelar salat istisqa untuk meminta hujan.

“Kami mengimbau dan mengajak pada seluruh tokoh masyarakat untuk menggelar salat istisqa di daerah masing-masing. Kita minta kepada Allah supaya cepat turun hujan,” katanya.

Sebelum salat istisqa, Sam’ani pun mengajak semua jemaah berpuasa sunah dengan rentan waktu antara tiga sampai tujuh hari. Dengan begitu, salat istisqa bisa lebih khusyuk.

”Kalau bisa sebelum salat, kita puasa sunnah dulu,” ujarnya.

Hal itu dilakukan lantaran musim kemarau tahun ini sangat mengkhawatikan. Bahkan cukup banyak menimbulkan bencana kebakaran di berbagai pelosok Kota Kretek. Intensitas terjadinya kebakaran bahkan hampir setiap hari.

“Ada juga yang sehari bisa di dua tempat,” lanjutnya.

Selain kebakaran, kekeringan juga merajalela di berbagai daerahdi Kabupaten Kudus. Mulai dari beberapa titik di Kecamatan Kaliwungu. Seperti Desa Setrokalangan yang sebulan lebih telah kekurangan air bersih dan diberi bantuan droping air bersih.

“Hingga di beberapa titik di Kecamatan Undaan, seperti Desa Kutuk, Desa Lambangan, dan Kedungdowo,” ucapnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun harus bekerja ekstra musim ini. Hingga beberapa perusahaan swasta seperti Nojorono, Djarum, Sukun, serta PDAM Kudus ikut turun tangan.

“Musim kemarau tahun ini memang cukup mengkhawatirkan, semoga segera beralih,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...