Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pedagang Pasar Ngabul Lama Siap Pindah ke Pasar Baru

0 143

MURIANEWS.com, Jepara – Proses pemindahan Pasar Ngabul lama ke Pasar Ngabul Baru, mulai memasuki babakan baru. Para pedagang pasar lama yang sudah sekitar tiga tahun memilih menempati pasar penampungan, mulai menyatakan kesiapan untuk pindah ke Pasar Ngabul Baru.

Persoalan Pasar Ngabul memang sempat menghadapi situasi pelik. Sejak 2016 pasar lama dipaksa dikosongkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, karena akan digunakan untuk kepentingan lain.

Terakhir para pedagang melakukan musyawarah bersama dengan pihak pemerintah desa dan Pengelola Pasar Ngabul Baru di Kantor Kecamatan Tahunan. Dari pembicaraan ini para pedagang yang menempati pasar penampungan siap pindah ke Pasar Ngabul Baru.

Camat Tahunan Eko Kasiono menyatakan sangat gembira dengan perkembangan terakhir berkaitan dengan Pasar Ngabul ini. Menurutnya para pedagang sudah mencapai kesepakatan dengan pihak pengelola pasar dan Pemerintah Desa Ngabul.

“Jika tidak keliru, dalam bulan Oktober 2019 ini mereka menyatakan akan pindah ke Pasar Ngabul yang baru. Hal ini tentu menggembirakan sekali. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” ujar Eko Kasiono, Kamis (3/10/2019).

Eko Kasiono menyatakan, para pedagang dan pengelola pasar serta Pemdesa Ngabul, masih akan bertemu sekali lagi untuk mematangkan rencana pemindahan ini. Pihaknya dalam hal ini hanya menjadi penengah saja, sehingga masalah yang sudah lama ini bisa segera diselesaikan.

Sementara itu, H Zamroni, salah seorang tokoh masyarakat Desa Ngabul menyatakan gembira dengan hasil pembicaraan yang telah dilakukan antara para pedagang dan pengelola pasar bersama Pemdes Ngabul. Paling tidak sudah ada titik terang mengenai persoalan  yang sudah menahun ini.

Pihaknya berharap, keberadaan Pasar Ngabul Baru bisa memberi manfaat bagi masyarakat Ngabul dan para pedagang. Pasar Ngabul Baru harus bisa menjadi tempat berusaha dan menghasilkan sesuatu yang baik bagi semua pihak.

Persoalan-persoalan yang sudah lalu diharapkan tidak perlu lagi dipersoalkan. Semua pihak diharapkan bisa fokus untuk yang saat ini ada. Peristiwa di masa lalu harus bisa dijadikan pengalaman berharga.

“Kami berharap masalah pasar ngabul ini bisa tuntas. Kepentingan para pedagang lama saya kira tetap harus mendapatkan perhatian. Bagaimanapun merekalah yang sudah terlibat langsung dalam berkembangnya pasar ini,” terangnya.

Pasar Ngabul lama yang berada di jalur Jepara-Kudus-Semarang, pada 2016 dianggap sudah tidak representatif. Selain itu, kegiatan pasar dianggap sudah mulai menganggu kelancaran arus lalu-lintas. Meski alasan-alasan tersebut tidak sepenuhnya diterima para pedagang, akhirnya pasar tetap dikosongkan.

Hingga kini lokasi Pasar Ngabul lama belum tersentuh penanganan oleh Pemkab Jepara. Bekas pasar ini dibiarkan mangkrak, dan belum jelas kapan akan dimanfaatkan lagi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.