Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polisi Usut Kasus Dewan Solo Sebar Hoaks Mobil PMI DKI Bawa Amunisi Demo

0 78

MURIANEWS.com, Solo – Ketua Komisi IV DPRD Solo Putut Gunawan dilaporkan ke Polres Surakarta atas tuduhan penyebaran berita hoaks. Politisi senior dari PDI Perjuangan itu dilaporkan lantaran mengunggah status di Facebook dengan tulisan ‘Mobil PMI DKI Bawa Amunisi Kerusuhan Demo. Pecat Gubernur DKI! #Baswedanedan.

Postingan itu diunggah di akun Facebook miliknya pada 27 September 2019. Postingan itu dinilai meresahkan karena mengandung kabar hoaks.

Kasus itu pun dilaporkan pada polisi, Senin (30/9/2019) dengan nomor: STBB/589/IX/2019/Reskrim, per tanggal 30 September 2019. Pelapornya adalah Mulyono, warga Bradran Mulyo RT 002/RW 014 Kelurahan Lalung, Karanganyar.

Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai memastikan jajarannya akan mengusut kasus yang menyeret Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Solo tersebut. Ini dikatakannya, usai memimpin upacara serah terima jabatan perwiwa di Mapolresta Surakarta, Kamis (3/10/2019).

”Kami siap menindaklanjuti laoran itu. Ada salah satu warga yang menyampaikan terkait adanya postingan di media sosial yang dianggap isu yang hoaks,” katanya kepada wartawan.

Kapolres menyatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan apakah unsur-unsur terkait penyebaran berita bohong tersebut terpenuhi atau tidak. Terlebih, saat ini pejabat Kasat Reskrim telah dipimpin oleh perwira baru.

“Jika ada unsur pelanggaran akan segera ditindaklanjuti. Hal ini, ada tahapannya mulai aduan, klarifikasi, pemeriksaan saksi-saksi, dan selanjutnya,” ujarnya.

Kasat Reskrim baru tersebut yakni AKP Arwansa, yang menggantikan Kompol Fadli. Arwansa sebelumnya menjabat Kanit 4 Subdit 2 Dit Reskrimum Polda Jateng. Sedangkan Kompol Fadli dirotasi sebagai Pamen Polda Sulawesi Selatan.

Perwira lain yang dilantik yakni AKBP Iwan Saktiadim menjabat sebagai Wakapolresta Surakarta. Iwan Saktiadi, sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Sukoharjo.

Posisi Kasat Intelka, yang sebelumnya dijabat AKBP Bowo Haryanto yang memasuki masa pensiun, kini digantikan AKP Phungky Mahendra Boniaan. Phungky sebelumnya menjabat Kanis 2 Subdit2 Subsit 4 Dit Intelkam Polda Jateng.

Ada juga AKP Tegar Satrio Wicaksono yang dilantik sebagai Kapolsek Pasar Kliwon menggantikan AKP Ariakta Gagah Nugraha, yang dipromosikan menjadi Kasat Lantas Polres Pekalongan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.