Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kudus Jatuh di Hari Selasa Pon

MURIANEWS.com, Kudus – Pelaksanaan Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Kudus yang digelar 19 November 2019 sudah semakin dekat. Namun, tahukah Anda kalau pelaksanaan Pilkades Serentak itu jatuh pada hari Selasa Pon?

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono Muwanto mengatakan, pelaksanaan pilkades tanggal 19 November memang bertepatan dengan hari selasa. Sedangkan untuk pasarannya berdasarkan pasaran tepat di pasaran pon.

“Pelaksanaan nanti hari pemilihan, pemungutan, dan perhitungan itu jatuh pada hari Selasa Pon. Tanggalnya 19 November 2019,” katanya saat memberikan sambutan pembekalan panitia Pilkades di Pendapa Kudus, Selasa (1/10/2019).

Ia mengatakan, tahapan pelaksaan pilkades saat ini sampai pada tahapan pendaftaran bakal calon kepada desa. Pendaftaran bakal calon telah dibuka sejak tanggal 25 September 2019 sampai dengan 4 Oktober 2019 mendatang.

“Setalah tahapan bakal calon kades, selanjutnya tahapan adminitrasi dan penetapan calon kades,” lanjutnya.

Untuk itu, PMD Kudus meminta kepada para camat di Kudus agar setelah penutupan pendaftaran bakal calon kades, sesegera mungkin melaporkan ke Pemerintah Kabupaten Kudus. Hal ini dilakukan guna untuk mengantisipasi pendaftaran yang lebih dari lima bakal calon kades.

“Sebab, lebih dari lima calon kades, maka akan dilaksanakan tes terlebih dahulu. Sedangkan untuk pelaksanaan tes tersebut harus bekerja sama dengan perguruan tinggi atau pihak ketiga,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui ada sebanyak 116 desa di Kudus mengikuti pilkades serentak tahun 2019. Jumlah itu tersebar di sembilan kecamatan.

Adapun untuk jadwal pemungutan suaranya dilaksanakan tanggal 19 November 2019 Sedangkan pelantikan diagendakan tanggal 17 Desember 2019.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada panitia pilkades. Sehingga pada pelaksanaan pilkades dapat menghasilkan kades yang berkualitas.

“Saya harap betul, panitia agar betul-betul objektif. Tidak menggunakan perimbangan selain kualitas. Untuk memastikan tahapan pilkades agar memiliki kualitas yang kami harapkan,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...