Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sidang Praperadilan Bupati Kudus vs KPK

Hakim Tolak Seluruh Gugatan Tamzil

0 2.423

MURIANEWS.com, Jakarta – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memutuskan menolak seluruh gugatan yang diajukan Bupati Kudus (nonaktif) HM Tamzil atas penetapan tersangka dirinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (1/10/2019).

Penetapan tersangka atas kasus dugaan suap pengisian jabatan (jual beli jabatan) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus itu dinyatakan sudah sesuai dengan prosedur hukum yang sah.

Putusan ini dibacakan dalam sidang Praperadilan di PN Jakarta Selatan, Senin (1/10/2019). Hakim tunggal Sudjarwanto memutuskan, gugatan yang diajukan Tamzil tidak beralasan.

“Mengadili, menyatakan eksepsi pemohon tidak dapat diterima secara seluruhnya. Intinya praperadilan ditolak, dan membebankan biaya perkara kepada pemohon sebesar nihil,” kata hakim saat membacakan putusan.

Hakim menyebut dalam gugatan praperadilan ini ada dua pokok perkara yang diadili. Yakni sah atau tidaknya penetapan tersangka terhadap Tamzil, serta sah tidaknya penggeledahan yang dilakukan KPK di ruang kerja bupati Kudus.

Dalam pertimbangannya, hakim menyebut jika penetapan tersangka oleh KPK terhadap Tamzil sudah sesuai dengan prosedur. Begitu juga dengan proses penggeledahan, karena telah mendapat izin dari tuan rumah yakni Plt Bupati Kudus Hartopo, serta adanya surat izin dari Pengadilan Negeri Semarang.

Menanggapi putusan hakim ini, anggota tim Biro Hukum KPK Indra Mandong Batti mengaku bersyukur. Ia menyebut, memang sudah seharusnya gugatan kubu Tamzil tersebut ditolak.

“Pertimbangan yang disampaikan hakim tadi, sebagaimana yang kami sampaikan dalam jawaban dan bukti-bukti. Jadi penetapan tersangka dan penggeledahan itu sah,” katanya.

Baca: Ini Penyebab Gugatan Praperadilan Tamzil Ditolak

Sementara itu, kuasa hukum Tamzil, Aristo Yanuarius Seda menyatakan menghormati putusan hakim. Kini pihaknya akan berfokus pada persidangan berikutnya.

“Kami akan fokus pada pokok perkara (jual beli jabatan) dan berupaya menyatakan Pak Tamzil tak bersalah,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.