Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Panitia Pilkades Serentak di Kudus Diberi Pembekalan

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kudus menggelar Santiaji Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Desa Pada 116 desa di Pendapa Kabupaten, Selasa (1/10/2019). Kegiatan ini sebagai pembekalan para panitia pilkades sebelum pelaksanaan pilkades pada 19 November 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono Muwanto mengatakan, peserta kegiatan ini adalah mereka berasal dari panitia pilkades. Setiap desa yang menjadi peserta ada sebanyak dua orang yang mengikuti pelakaanaan kegiatan tersebut.

“Panitia ini lebih pada peserta panitia teknis,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Ia mengatakan, ada beberapa tujuan pada pelaksanaan kegiatan tersebut. Pertama memberikan pemahaman sebagai tugas panitia pilkades. Selain itu, panitia juga dituntut peraturan dan perundang undangan pilkades.

“Kami juga berharap panitia bisa menjaga kondusifitas suasana pada pelaksanaan pilkades,” ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini tahapan pilakdes sudah masuk pada tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa. Pendaftaran dibuka mulai 25 September 2019 sampai dengan 4 Oktober 2019 mendatang.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada panitia pilkades. Sehingga pada pelaksanaan pilkades dapat menghasilkan kades yang berkualitas.

“Saya harap betul, panitia agar betul-betul objektif. Tidak menggunakan perimbangan selain kualitas. Untuk memastikan tahapan pilkades agar memiliki kualitas yang kami harapkan,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...