Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Krisis Air Bersih, Setrokalangan Kudus Dikirimi Bantuan

MURIANEWS.com, Kudus – Palang Merah Indonesia (PMI) Kudus kembali salurkan air bersih di Desa Setrokalangan, Minggu (29/9/2019) sore. Dalam distribusi kali ini diberikan empat tangki air bersih berisi 5.000 liter tiap tangkinya, pada Dukuh Setro dan Kalangan.

“Hari ini kami dropping 5000 liter air bersih,” ucap Kevin Ricarda, relawan PMI yang berada di lapangan.

Bantuan air bersih di Desa Setrokalangan sendiri sejatinya sudah dilakukan sejak akhir Agustus 2019 lalu. “Kami hari ini droping empat tangki, jadi jika dirasa masih kurang, kami mengambil air dari damkar,” terangnya.

Kevin berharap, droping air bersih yang dilakukan PMI Kudus bisa meringankan beban warga di Desa Setrokalangan. Mengingat sudah sebulan lebih desa tersebut kekurangan air bersih. “Kami harap ini bisa membantu,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Setrokalangan Edi Siswanto mengatakan, banyak sumur warga di daerah tersebut sudah mengering. Kejadian seperti ini sudah terjadi kurang lebih sekitar sebulan lebih.

“Desa Setrokalangan kurang air bersihnya sudah lama,” katanya.

Tiga dukuh pun terdampak. Yakni Dukuh Kalangan, Dukuh Setro, dan Dukuh Karangturi. Dengan jumlah warga yang terdampak berjumlah sekitar 780 KK. Yang terdiri dari tiga dukuh tersebut.

Tujuh tandon besar pun disiapkan untuk tiga dukuh tersebut. Tiap dua hingga tiga hari sekali, pihak penyuplai air yakni BPBD dan PMI Kudus datang untuk mengisi galon-galon tersebut. Yang selanjutnya diambil untuk kebutuhan sehari-hari warga.

“Didrop ke tandon dulu, baru warga mengambil dari sana,” lanjutnya.

Edi menambahkan, sebenarnya pada Dukuh Karangturi sudah ada Pamsimas. Hanya, baru bisa mencakup 150 keluarga saja. Sedang sisanya yang berada di RT 03 tidak tercukupi kebutuhannya.

“Sedang pada dua dukuh lain memang belum ada Pamsimas, warga juga membeli air galon untuk kebutuhan sehari-hari juga,” tandasnya.

Menambahkan, Khamdi Sekdes Setrokalangan mengatakan Desa Setrokalangan masih membutuhkan bantuan air bersih. Ia pun berharap beberapa instansi yang memiliki tampungan air bersih bisa mendistribusikannya di Desa Setrokalangan.

“Kami berharap bantuan air bersih masih berlanjut,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...