Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Guru di Grobogan Dilatih Bikin Media Pembelajaran Melalui Workshop Literasi Digital

MURIANEWS.com, Grobogan – Asosiasi Guru Penulis Grobogan (AGPG) menggelar acara workshop literasi digital bagi tenaga pendidik yang dilangsungkan di Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi, Sabtu (28/9/2019). Acara yang diikuti ratusan guru tersebut dijadwalkan berlangsung dua hari, hingga Minggu besok.

Ketua AGPG Titiek Soertirahajoe mengungkapkan, peserta workshop terdiri dari 230 orang guru dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA. Jumlah peserta ini jauh melebihi target yang ditetapkan sebelumnya.

“Banyaknya peserta ini barangkali karena temanya cukup menarik. Yakni, literasi digital yang saat ini sedang jadi trend,” jelasnya.

Dijelaskan, dalam workshop itu, peserta diberikan banyak pemahaman seputar teknologi informasi dan komunikasi, khususnya yang terkait dengan dunia pendidikan. Kemudian, peserta juga dilatih membuat media pembelajaran digitan dengan memanfaatkan fitur maupun aplikasi yang sudah tersedia dan tidak memerlukan biaya mahal.

Dalam workshop tersebut, pihaknya menghadirkan narasumber lokal dari AGPG sendiri namun cukup kompeten dibidangnya. Salah satunya adalah guru SDN 01 Wirosari Hendrik Hermawan yang pernah menjadi juara I nasional dalam ajang Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru untuk kategori MIPA. Selain itu, Hendrik juga sempat meraih penghargaan Anugerah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Nasional Tahun 2017 juara II dalam lomba Anugerah Mahkamah Konstitusi.

Ratusan guru di Grobogan mengikuti acara workshop literasi digital yang dilangsungkan di Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi, Sabtu (28/9/2019). (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Sementara itu, Kadinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat saat dimintai tanggapannya menyatakan, pertumbuhan teknologi digital memicu perkembangan di berbagai sektor kehidupan, termasuk internet. Dalam hal ini, pertumbuhan teknologi internet memicu perubahan perilaku manusia dalam bidang komunikasi, bisnis dan pendidikan.

Oleh sebab itu, pihaknya mengapresiasi acara workshop yang digagas AGPG tersebut. Melalui kegiatan itu, para peserta nantinya diharapkan berani memanfaatkan teknologi untuk membuat sebuah media pembelajaran yang menarik bagi siswanya.

“Workshop dengan tema literasi digital ini sangat bagus. Kita harapkan peserta workshop bisa mengembangkan media teknologi informasi komunikasi sebagai gerakan literasi dalam revolusi industri 4.0,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...