Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kapal Terbalik di Pesta Laut Brebes, Angkut Puluhan Penumpang dan Anak-Anak

0 641

MURIANEWS.com, Brebes – Sebuah kapal motor terbalik saat mengikuti prosesi Pesta Laut di  Desa Prapag Kidul, Kecamatan Losari, Brebes, Sabtu (28/9/2019) terbalik saat menyusuri Sungai Cisanggarung. Saat terbalik, perahu motor itu mengangkut puluhan penumpang, termasuk di dalamnya sejumlah anak-anak.

Informasi yang didapatkan, insiden ini terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu, kapal motor ini tengah menyusuri sungai dari arah TPI.

Seluruh penumpang kapal berhamburan menyelamatkan diri, saat kapal ini mulai oleng hingga akhirnya terbalik. Hingga kini belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, kapal ini terbalik saat sejumlah warga memanggil nahkoda agar meminggirkan kapalnya. Pasalnya, ada sejumlah warga yang ingin ikut naik.

Padahal kapal itu sudah penuh penumpang. Termasuk di dalamnya juga mengangkut sound system. “Ngangkut seperangkat sound system juga, dan semuanya kecebur masuk sungai,” kata Doni, warga Desa Desa Prapag Kidul.

Tak lama setelah membawa tambahan penumpang, kapal berukuran panjang delapan meter dengan lebar 2,5 meter ini oleng dan terbalik. Akibatnya, seluruh penumpang tercebur ke air termasuk ada anak anak.

Sementara menurut Muhaemin Primawan (49) warga Desa Prapag Kidul, pihaknya menduga kapal ini terbalik karena kelebihan muatan. Pasalnya, saat berangkat dari TPI, kapal tersebut sudah mengangkut 20 penumpang.

“Sudah ada 20 penumpang termasuk anak-anak. Di dalamnya juga ada sound dangdutan. Di tengah jalan tambah lagi 15 penumpang,” ujarnya.

Ia khawatir jika ada penumpang yang tenggelam dan terjebak di bawah kapal. Pasalnya kedalaman sungai itu cukup dalam, yakni antara tiga hingga lima meter.

Proses evakuasi dan pendataan terus dilakukan untuk mengetahui secara pasti jumlah penumpang. Dan menyisir jika ada kemungkinan penumpang yang tenggelam atau terseret arus.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.