Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Juta Orang di Jateng Ikuti Gerakan Resik-Resik

MURIANEWS.com, Semarang – Sebanyak dua juta orang dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah mengikuti Gerakan Resik-Resik, Jumat (27/9/2019). Kegiatan ini dicanangkan sebagai bagian dari Konggres Sampah Nasional yang akan digelar di Kabupaten Semarang, Oktober 2019 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan, dua juta orang yang terlibat dalam gerakan ini menurut dia berasal dari kalangan relawan, pelajar dan paartur sipil negara (ASN).

Di lingkutan Setda Provinsi Jateng, sekitar 200-an ASN dikerahkan untuk melakukan aksi resik-resik di kawasan Simpang Lima Semarang. Kegiatan yang sama, sudah dilakukan pula pekan lalu.

“Dari pekan lalu sudah dimulai Gerakan Resik-Resik. Dan ini juga dilakukan di masing-masing kabupaten/kota. Sekitar dua juta orang ikut terlibat kegiatan ini,” kata Sri Puryono.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini bisa memberikan edukasi sekaligus mengubah perilaku masyarakat dalam memperlakukan sampah. Apalagi menurut dia, Jawa Tengah saat ini sudah masuk kategori darurat sampah.

”Kepedulian masyarakat untuk memperlakukan sampah dengan baik, menjadi salah satu kunci untuk mengurangi banyaknya persoalan yang timbul karena sampah,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta Laksono menyebut, jika program ini sangat baik. Pihaknya juga mengaku sangat mendukung, karena dampak dari gerakan ini bisa menciptakan lingkungan yang sehat.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...