Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sambang Warga, Bupati Grobogan Disambati Revitalisasi Pasar Desa

MURIANEWS.com, Grobogan – Bupati Grobogan Sri Sumarni kembali menggelar kegiatan bertajuk “Sambang Warga”, Kamis (26/9/2019). Kali ini kegiatannya digelar di Balaidesa Putatsari, Kecamatan Grobogan. Beberapa waktu lalu, kegiatan serupa dilaksanakan di Balaidesa Kramat, Kecamatan Penawangan.

Dalam kegiatan tersebut, hadir ratusan warga dari wilayah eks-Kawedanan Grobogan yang terdiri dari Kecamatan Klambu, Brati, dan Grobogan. Sejumlah warga menyampaikan aspirasinya pada Bupati Grobogan.

Salah satu usulan yang disampaikan adalah revitalisasi atau perbaikan pasar desa supaya lebih representatif. Usulan ini dilontarkan karena keberadaan pasar desa sudah makin ramai saat hari pasaran.

“Kami mohon agar keberadaan pasar desa ini diperhatikan. Seperti Pasar Desa Putatsari yang perputaran uangnya sudah mencapai puluhan juta tiap hari pasaran,” kata Taufik Kurniawan, salah seorang warga Desa Putatsari yang hadir dalam acara tersebut.

Selain itu, warga juga mengeluhkan penyaluran pupuk jenis NPK yang belum sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Bupati Sri Sumarni meminta pemerintah desa untuk berkoordinasi dengan dinas terkait dalam pembangunan pasar. Langkah tersebut juga dilakukan Desa Temon dan Desa Katekan di Kecamatan Brati yang langsung mendapatkan bantuan pembangunan pasar dari presiden.

Kemudian, untuk penyaluran pupuk, harus sesuai rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). Jika petani punya sawah tapi tidak mendaftaran kebutuhan, maka hal itu akan menyulitkan dinas terkait.

“Perlu diketahui, pupuk bukan dagangan, tapi barang yang disubsidi pemerintah. Distributor, kios, dan kelompok tani akan diperiksa tiap tahun, bahkan peruntukannya dipantau secara online,” ujarnya.

Selain mendengarkan aspirasi warga, bupati juga menyerahkan beberapa bantuan dalam kesempatan itu. Antara lain, bantuan bencana kebakaran, perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), santunan kematian,  bantuan pendidikan, dan bantuan untuk disabilitas.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...