Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Normalisasi Kali Gelis Jadi Awal Pembangunan River Tourism

MURIANEWS.com, Kudus – Pembangunan awal river  tourism Kali Gelis mulai memasuki tahap awal, yakni masa normalisasi sungai. Normalisasi dilakukan mengingat beberapa titik sudah dianggap terlalu dangkal sempit.  Pengerukan dengan alat berat pun dilakukan.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno menyampaikan jika tahap normalisasi akan diambilkan dari anggaran awal sebesar Rp 10 miliar. “Tahun ini kami alokasikan Rp 10 miliar,” ucapnya.

Tahap awal pembangunan akan berfokus pada pengembalian Kali Gelis menjadi sebagaimana mestinya. Rubhan beranggapan, sudah saatnya Kali Gelis disentuh. Mengingat Kali yang membentang di tengah Kota Kretek tersebut sudah lama tak terjamah normalisasi.

“Kami prioritaskan pada pengembalian fungsi  terlebih dahulu,” lanjutnya.

Normalisasi di tahun ini juga diharapkan bisa mengurangi dampak banjir yang dikhawatirkan akan terjadi di musim penghujan nanti. Mengingat Kali Gelis, merupakan salah satu sungai yang sentral dan cukup berpengaruh di Kudus.

“Ini juga bagian dari upaya pencegahan banjir bandang,” katanya.

Sedang tahun selanjutnya akan diperhitungkan pengembangan di bantaran kali, hingga fungsi tambahan sebagai tempat rekreasi. Anggaran sebesar Rp 100 miliar pun siap digelontorkan guna menyulap Kali Gelis menjadi destinasi wisata yang baru.

“Kita kembangkan, bisa saja seperti Teras Cikapundung atau yang lain,” imbuhnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat bisa berpartisipasi dalam hal ini. Terutama dalam sektor menjaga kebersihan lingkungan. Mengingat budaya membuang sampah di kali masih sering dilakukan sejumlah masyarakat bantaran.

“Kami harapkan  masyarakat tergugah hatinya untuk menjaga lingkungan,” tandasnya.

Sementara Plt Bupati Kudus HM Hartopo, menambahkan rancangan sport tourism-nya di Kali Gelis. Jika dana pengembangan dirasa menyukupi, Hartopo mengangankan adanya wahana rafting di Kali Gelis.

“Sedang daerah pinggirnya bisa digunakan untuk zona edukasi dan kawasan pedestrian atau terbuka hijau,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...