Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar Beri Empat Jempol untuk Festival Jerami di Banjarejo Grobogan

MURIANEWS.com, Grobogan – Acara festival jerami kedua di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus resmi dibuka, Rabu (25/9/2019). Pembukaan festival dilakukan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Hadir pula dalam kesempatan itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama jajaran FKPD dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pembukaan festival ditandai dengan yang ditandai dengan pemukulan gong. Hiburan 100 rampak barongan ikut menyemarakkan pembukaan festival jerami yang sudah kedua kalinya digelar di Desa Banjarejo tersebut.

Pelaksanaan festival jerami mendapat apresiasi khusus dari Ganjar. Bahkan, orang nomor satu di Pemprov Jateng itu menyatakan, pelaksanaan acara itu pantas dapat acungan empat jempol.

“Luar biasa. Baru kali ini, saya lihat festival jerami. Ini patut dapat acungan empat jempol. Pak Kadesnya juga luar biasa karena puny aide yang kreatif dan inovatif kayak ini,” katanya.

Ganjar mengatakan saat ini sudah ada Perda Desa Wisata. Di mana, Pemerintah Provinsi akan menggelontorkan dana bantuan Rp 1 miliar untuk pengembangan desa wisata. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi.

“Ini sedang kita pantau desa wisata di berbagai daerah. Kalau managemen dan pengelolaannya bagus, kemudian pengunjungnya naik terus maka akan saya bantu Rp 1 miliar. Untuk itu, Pak kades siapkan desa wisatanya supaya dibuat yang menarik dan bisa dapat bantuan dari Pemprov,” ujarnya.

Kades Banjarejo Ahmad Taufik menyatakan, acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun Desa Wisata Banjarejo yang ketiga. Festival ini rencananya akan berlangsung hingga 6 Oktober mendatang.

“Pada peringatan ulang tahun pertama, kita bikin acara ngaji bareng Cak Nun. Untuk tahun kemarin dan kali ini, kita bikin acara festival jerami dengan tema beda,” jelasnya.

Taufik menambahkan, festival jerami kali ini bertemakan serangga. Dipilih serangga karena hewan ini sangat dekat dengan masyarakat Banjarejo yang mayoritas adalah petani. Meski demikian, ada pula patung jerami yang berbentuk burung, bintang, kereta dan lainnya. Pada tahun lalu, tema festival jerami adalah binatang purba.

Sementara itu, usai membuka festival jerami, masih ada satu agenda lagi yang dilakukan Ganjar. Yakni, meresmikan waterpark milik BUMDes Desa Tanjungharjo, Kecamatan Ngaringan.

 

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...