Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

13 Awak Kapal yang Terbalik di Perairan Karimunjawa Tiba di Jepara

MURIANEWS.com, Jepara – Tiga belas nelayan asal Kabupaten Tegal yang kapalnya terbalik di perairan Pulau Parang, Karimunjawa, tiba di Jepara, Rabu (25/9/2019). Mereka diangkut menunggunakan Kapal Cepat Express Bahari.

Kepala Satpolairud Polres Jepara Iptu Lukman menyatakan, para nelayan tersebut berada dalam kondisi sehat, tidak mengalami masalah apapun. Mereka sebelumnya berangkat dari Pulau Parang sekitar 06.00 WIB, ke Karimunjawa.

Di Karimunjawa selanjutnya mereka menuju ke Jepara menumpang KMC Ekpress Bahari. Mereka tiba di Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini Jepara, sekitar jam 12.30 WIB. Mereka selanjutnya akan dipulangkan ke Tegal.

“Tiga belas orang ABK KM Putra Andrea Rizki asal Kabupaten Tegal, sudah tiba di Jepara. Selanjutnya mereka akan dikembalikan ke pihak Pemkab Kabupaten Tegal sebelum kembali ke keluarga masing-masing,” ujar Iptu Lukman.

KM Putra Andrea Rizki sendiri dilaporkan terbalik di Perairan Karimunjawa dekat Pulau Parang. Kapal ini sebenarnya memiliki 15 orang ABK saat beroperasi pada Senin (23/9/2019). Ombak besar membuat kapal yang mereka tumpangi terbalik.

Dalam upaya menyelamatkan diri, 13 orang ABK berhasil naik ke bagian atas kapal yang terbalik. Sedangkan dua orang ABK, sampai saat ini belum diketahui nasibnya.

Sedangkan 13 orang yang berada di atas kapal terbalik akhirnya berhasil diselamatkan oleh nelayan Desa Parang, Karimunjawa.

Baca: Kapal Terbalik di Karimunjawa, 13 Nelayan Asal Tegal Selamat, Dua Masih Hilang

“Untuk dua orang ABK yang hilang, sampai saat ini belum ada kabarnya. Kami masih terus berkoordinasi dengan beberapa pihak, untuk memastikannya,” tambah Iptu Lukman.

Sementara itu Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Karimunjawa Sigit Widhiatmoko menyatakan, pemulangan 13 ABK asal Kabupaten Tegal sudah dilakukan. Pihaknya sudah meminta dispensasi tiket untuk mereka saat menumpang KMC Ekspress Bahari.

Mereka berangkat dari Karimunjawa sekitar jam 09.00 WIB dan telah tiba di Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini, Jepara, pada jam 12.30 WIB. Tidak ada masalah kesehatan pada mereka. Kondisi mereka baik, dan selanjutnya dikirim ke Kabupaten Tegal.

Ke-13 orang ABK KM Putra Andrea Rizki yang selamat adalah Darsono, Muhamad Mulus, Riyanto, Zakaria, Kusno, Sanjar Nurdin, Ahmad Fauzi, Hendrik Setiawan, Cahyani, Sumhari, Agus Budi H, Awal Mukrodin dan Khaerul Naramin. Mereka semua merupakan warga Tegal.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...