Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polres Banyumas Naik Kelas Jadi Polresta, Dipimpin Perwira Berpangkat Kombes

0 1.813

MURIANEWS.com, Purwokerto – Tipe Kepolisian Resor (Polres) Banyumas naik kelas menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta). Dengan kenaikan tipe ini, secara otomatis perwira yang memimpin lembaga kepolisian juga pangkatnya naik satu strata.

Yang sebelumnya kapolres dijabat perwira berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dengan kenaikan tipe menjadi polresta ini maka perwira yang bisa menjabat berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, Rabu (25/9/2019) membenarkan hal ini. Menurutnya, peningkatan tipe Polres Banyumas sesuai dengan surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

”Kami sudah menerima surat dari Pak Manpan RB tentang kenaikan tipe ini. Nanati penyebutannya jadi Polresta Banyumas,” katanya di sela-sela pelantikan pejabat di jajaran Polres Banyumas, Rabu (25/9/2019).

Namun menurutnya, terkait posisi Kapolresta yang nantinya dijabat perwira berpangkat Kombes, masih menunggu keputusan dari kapolri. Ia memastikan, ketika nanti sudah ditunjuk pejabatnya, maka prosesnya bisa langsung jalan.

Karena dalam dampak dari peningkatan tipe ini tak hanya pada pejabat kapolresta. Tetapi juga perubahan sejumlah struktur dalam jajaran kepolisian tersebut.

Ia mencontohkan, pejabat kepala satuan (kasat) yang awalnya dijabat oleh perwira berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) harus naik satu tingkat menjadi polisi berpangkat Komisaris Polisi (Kompol). Begitu juga Wakapolres Banyumas yang semula dijabat polisi berpangkat Kompol nantinya harus berpangkat AKBP.

“Perubahannya di situ, tetapi untuk selebihnya tetap sama dan Insya Allah pelayanan ke masyarakat akan lebih baik,” katanya.

Dengan kondisi ini, pihaknya yakin perubahan tipe ini akan bisa berjalan efektif pada Oktober hingga November 2019 mendatang.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.