Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pagar DPRD Jateng Dijebol Mahasiswa, Ganjar Turun Temui Demonstran

0 4.523

MURIANEWS.com, Semarang – Ribuan mahasiswa yang menggelar aksi di depan Kantor DPRD Jawa Tengah di Jalan Pahlawan Kota Semarang sempat ricuh. Massa menjebol pagar kantor dewan dan mencoba merangsek masuk saat dihadang petugas keamanan.

Mahasiswa saling dorong untuk menjebol pagar tersebut. Sebelum menjebol gerbang, sejumlah mahasiswa menaiki pagar besi sambil berorasi.

Mereka mendesak bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan menolak ditemui pimpinan DPRD Jateng. Penolakan dilakukan karena mahasiswa menganggap dewan tak bisa memberi solusi.

Keadaan yang memanas berangsur kondusif saat Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji bernegosiasi dengan mahasiswa. Kapolrestabes juga sempat naik ke mobil orasi.

”Teman-teman mahasiswa semua tenang. Bapak Gubernur akan menemui, jadi jangan anarkis,” kata Abiyoso menenangkan mahasiswa.

Tak berselang lama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun turun menemui para mahasiswa. Ganjar terlihat berdialog dengan perwakilan mahasiswa, kemudian ikut naik ke atas mobil orator.

Ganjar menyatakan akan meneruskan aspirasi mahasiswa ke pemerintah pusat. Ia juga bersedia menandatangani tuntutan mahasiswa.

“Apapun tuntutan Anda, gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, akan kami sampaikan,” kata Ganjar.

Baca: Ribuan Mahasiswa Kepung Gedung DPRD Jateng

Ganjar juga meminta agar aksi mahasiswa dilakukan dengan tertib. Sejak awal menurutnya, ia sudah ingin menemui mahasiswa dan mengajak anggota dewan untuk beraudiensi di dalam ruangan.

Dalam unjuk rasa tersebut, para mahasiswa menuntut dilakukan peninjauan kembali atas UU KPK hasil revisi ke Mahkamah Konstitusi. Mereka juga mengajak untuk mendukung KPK, dan menolak rencana pengesahan RUU KUHP. (lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.